Verkle Trees: Masa Depan Ethereum yang Lebih Baik!

Verkle Trees: Masa Depan Ethereum yang Lebih Baik!

Ethereum, salah satu blockchain paling populer di dunia, sedang bersiap untuk mengalami peningkatan signifikan dengan diperkenalkannya Verkle trees. Verkle trees adalah struktur data yang akan memungkinkan node Ethereum untuk menyimpan lebih sedikit data dan melakukan sinkronisasi lebih cepat, sehingga meningkatkan efisiensi dan skalabilitas jaringan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Verkle Trees: Sebuah Pengantar

verkle trees vitalik
Sumber: Akun X Vitalik

Verkle trees adalah struktur data yang mirip dengan Merkle trees, tetapi memiliki beberapa perbedaan penting. Dalam Merkle trees, setiap node menyimpan hash dari dua node anak-anaknya, sedangkan dalam Verkle trees, setiap node menyimpan hash dari vektor komitmen yang diteruskan ke node anak-anaknya.

Vektor komitmen adalah jenis hash khusus yang memungkinkan Verkle trees untuk mencapai statelessness, yaitu keadaan di mana node tidak perlu lagi menyimpan status Ethereum.

Baca Juga: Ethereum: Menuju Tahun Terbesar dalam Sejarahnya di 2024!

Manfaat Verkle Trees untuk Ethereum

manfaat verkle trees untuk ethereum
Sumber: Akun X Vitalik

Verkle trees menawarkan sejumlah manfaat untuk Ethereum, termasuk:

  • Pengurangan Ukuran Bukti: Verkle trees memungkinkan ukuran bukti yang lebih kecil, yang dapat ditampung dalam setiap blok blockchain Ethereum. Hal ini memungkinkan node untuk memverifikasi blok apa pun menggunakan data yang terdapat dalam blok itu sendiri.
  • Persyaratan Perangkat Keras yang Lebih Rendah: Verkle trees memungkinkan persyaratan perangkat keras yang lebih rendah untuk menjalankan node Ethereum, yang diharapkan dapat meningkatkan desentralisasi jaringan. Node baru juga dapat bergabung dengan jaringan hampir seketika, dengan kemampuan untuk cepat melakukan sinkronisasi dengan jaringan.
  • Fungsionalitas Baru: Verkle trees memungkinkan berbagai jenis fungsionalitas baru, termasuk klien validator tanpa kewarganegaraan, yang memungkinkan node taruhan untuk berjalan dengan ruang disk yang hampir nol dan melakukan sinkronisasi hampir seketika.

Baca Juga: DN404: Penantang Baru ERC-404 dalam Dunia NFT Fraksional!

Masa Depan Ethereum dengan Verkle Trees

Verkle trees merupakan bagian penting dari peta jalan pengembangan Ethereum. Implementasinya akan membawa Ethereum selangkah lebih dekat untuk mencapai tujuan akhirnya, yaitu menjadi blockchain yang skalabel, aman, dan terdesentralisasi.

Dengan Verkle trees, Ethereum akan dapat melayani lebih banyak pengguna dan mendukung lebih banyak aplikasi, sehingga memperkuat posisinya sebagai salah satu blockchain terkemuka di dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi