Revolusi Finansial Venezuela: Integrasi Sistem Pembayaran Rusia, Mir, dalam Gerakan De-Dolarisasi Nasional

Revolusi Finansial Venezuela: Integrasi Sistem Pembayaran Rusia, Mir, dalam Gerakan De-Dolarisasi Nasional

Pemerintah Venezuela baru-baru ini mengumumkan integrasi Mir, sebuah sistem pembayaran Rusia, ke dalam jaringan titik penjualan (POS) nasional sebagai bagian dari inisiatif de-dolarisasi nasional yang digagas oleh Presiden Nicolas Maduro.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS dan menghindari sanksi ekonomi yang dikenakan pada negara tersebut.

Calixto Ortega, presiden Bank Sentral negara tersebut, mengungkapkan bahwa langkah-langkah yang diperlukan telah diselesaikan untuk menjalin komunikasi antara bank-bank Venezuela dan Rusia melalui sistem pesan antarbank dari Bank Sentral Rusia.

Venezuela Ingin Menggunakan Mir untuk Meningkatkan Jaringan POS-nya

Dalam fase awal, lebih dari 40.000 terminal titik penjualan di negara tersebut akan diintegrasikan dengan sistem pembayaran Mir.

Baca Juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Mir, yang didirikan oleh Bank Sentral Rusia pada tahun 2017, diciptakan sebagai alternatif untuk penyedia kartu kredit seperti Mastercard dan Visa, yang telah menerapkan sanksi terhadap negara tersebut pada tahun 2014.

Venezuela Terus Mengeksplorasi Langkah untuk Menyelesaikan Pembayaran Tanpa Dolar

Capek Bergantung Sama Dolar AS, Presiden Venezuela Dukung Crypto?
Bitcoinist

Penerapan sanksi AS telah berdampak signifikan pada hubungan komersial antara perusahaan dari kedua negara.

Ortega menjelaskan lebih lanjut bahwa integrasi sistem Mir akan memfasilitasi komunikasi yang lancar untuk memperhalus transaksi impor dan ekspor dalam mata uang masing-masing, bolivar dan rubel.

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Buru-Buru Adopsi CBDC di Tengah Hukuman Perang

Seiring Venezuela terus menjalin aliansi dengan negara-negara di luar sistem keuangan Barat, implementasi sukses sistem Mir menjadi bukti komitmen negara tersebut untuk mendiversifikasi hubungan ekonominya dan menciptakan mekanisme alternatif untuk perdagangan internasional.

Pengembangan sistem pembayaran global baru yang sejalan dengan kepentingan negara-negara yang mencari kemerdekaan dari struktur kekuatan keuangan tradisional menandakan pergeseran paradigma dalam lanskap keuangan global, menawarkan peluang untuk kedaulatan ekonomi yang lebih besar dan ketahanan.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: