Heboh! Vega Protocol Luncurkan Pasar Futures Perpetual di Blockchain Layer-1

author:

Heboh! Vega Protocol Luncurkan Pasar Futures Perpetual di Blockchain Layer-1

Vega Protocol, blockchain yang berfokus pada perdagangan, baru saja meluncurkan pasar futures perpetual, produk futures tanpa tanggal kedaluwarsa, di jaringannya. Peluncuran ini menambah daftar penawaran yang sudah ada sejak rilis mainnet Vega pada Maret 2023, termasuk pasar futures yang diselesaikan dengan tunai.

Perkenalan Pasar Futures Perpetual

Perpetual di Vega ini akan bersifat tanpa izin, yang berarti anggota komunitas akan mengusulkan dan memilih untuk menentukan aset tertentu yang akan dibuat futures perpetualnya.

Baca juga: Vega Protocol: Revolusi dalam Perdagangan Derivatif Desentralisasi

Dengan perkembangan ini, Vega memasuki pasar yang sudah dipenuhi oleh dYdX, GMX, Gains, Synthetix, Perpetual Protocol, dan beberapa lainnya. Vega berusaha membedakan penawaran perpetualnya dengan memberikan kekuasaan kepada komunitas untuk memanfaatkan tata kelola on-chain dalam pengenalan pasar tanpa izin.

Selain itu, tata kelola yang dipimpin oleh komunitas proyek ini akan memiliki opsi untuk menyetujui token ERC-20 apa pun untuk penyelesaian melalui mekanisme tata kelolanya, berbeda dari norma yang membatasi penyelesaian ke USDC atau stablecoin setara.

Blockchain Vega dan Perkembangannya

fitur utama vega protocol
Sumber: Secrutities.io

Sejak peluncuran mainnet alpha pada Maret, Vega telah melihat volume perdagangan lebih dari $850 juta hanya dari pasar futuresnya saja, menurut data yang disediakan oleh tim. Proyek ini merilis whitepaper-nya pada 2018, merinci blockchain yang dioptimalkan kinerja dengan mekanisme konsensus proof-of-stake Tendermint.

Baca juga: Bank Dunia Investasi Lebih dari $10 Miliar di Crypto, XRP Menjadi Altcoin Teratas!

Vega dirancang untuk memenuhi persyaratan intensif perdagangan derivatif crypto, menawarkan latensi rendah dan skalabilitas tinggi, dan menampilkan buku pesanan batas terdesentralisasi (dCLOB) pada infrastruktur blockchain-nya.

Pada 2019, Vega mengamankan pendanaan awal sebesar $5 juta yang dipimpin oleh Pantera Capital dan mengumpulkan tambahan $43 juta melalui penjualan token komunitas di CoinList pada 2021.

Vega Protocol diamankan oleh validator yang berpartisipasi dengan melakukan staking token Vega. Pada saat penulisan, VEGA diperdagangkan dengan harga $1,2 dengan kapitalisasi pasar sebesar $70 juta, menurut data harga The Block.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: