VCCRI Pilih Filecoin untuk Penyimpanan Data Penelitian Terdesentralisasi

author:

VCCRI Pilih Filecoin untuk Penyimpanan Data Penelitian Terdesentralisasi

Victor Chang Cardiac Research Institute (VCCRI), sebuah organisasi penelitian medis terkemuka di Australia, telah memilih Filecoin sebagai solusi penyimpanan untuk data penelitian kardiovaskularnya yang sangat besar. Dengan bantuan teknologi desentralisasi, VCCRI berupaya untuk memastikan integritas, keamanan, dan ketahanan data penelitiannya.

Filecoin: Solusi Penyimpanan Terdesentralisasi

filecoi penyimpanan terdesentralisasi
Sumber: Filecoin

Menurut laporan terbaru, VCCRI saat ini menyimpan lebih dari 125 TiBs (137.439 TB) data penelitian kardiovaskular di jaringan Filecoin. Data ini mencakup dataset mentah dari makalah yang diterbitkan yang terdiri dari ribuan gambar sel dan cadangan terenkripsi dari mesin SyncroPatch mereka.

Baca juga: Filecoin Buat Gebrakan di Q2 2023: Peningkatan Penggunaan Penyimpanan Lebih dari 7%!

Filecoin menawarkan alternatif yang efisien dari segi harga dan geografis terhadap solusi penyimpanan cloud. Ini meminimalkan ancaman kerusakan, kehilangan, pencurian, pelanggaran firewall, atau serangan.

Dengan lebih dari 230 ilmuwan, dokter, dan staf yang bekerja di 23 laboratorium di seluruh Australia, VCCRI telah memimpin terobosan dalam penelitian kardiovaskular.

Mengapa VCCRI Memilih Filecoin?

Todd Ryman, Direktur IT di VCCRI, menyatakan bahwa Filecoin menyediakan layanan unik yang memungkinkan data dari proyek penelitian utama mereka disimpan untuk selamanya. Selain itu, Filecoin memastikan integritas data penelitian mereka melalui penggunaan identifikasi konten unik.

“Arsitektur terdesentralisasi meningkatkan redundansi dan daya tahan data, mengurangi risiko kehilangan data karena kegagalan perangkat keras atau insiden lokal lainnya. Penggunaan teknologi blockchain oleh Filecoin memastikan bahwa integritas data tetap terjaga, sehingga cocok untuk menyimpan temuan penelitian yang berharga,” kata Ryman kepada Blockworks.

Filecoin memungkinkan VCCRI untuk dengan mudah dan aman berbagi set data terbuka dengan peneliti lain untuk memajukan penelitian penyakit jantung yang akan menguntungkan pasien di seluruh dunia.

Stefaan Vervaet, Kepala Pertumbuhan Jaringan di Protocol Labs, menekankan bahwa layanan data terbuka Filecoin sangat cocok untuk memastikan pelestarian dan aksesibilitas data kardiovaskular sambil menjaga ketersediaannya untuk analisis dan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Google Cloud dan El Salvador Bermitra untuk Digitalisasi Negara

Filecoin dan Masa Depan Penyimpanan Data

Filecoin bertindak sebagai batu penjuru untuk informasi publik yang sangat penting, mulai dari pelestarian dataset budaya yang relevan hingga aplikasi video terdesentralisasi.

Filecoin menambahkan penyimpanan yang terinsentif dan persisten ke IPFS, sebuah sistem terdistribusi untuk menyimpan dan mengakses file, situs web, aplikasi, dan data.

Jaringan Filecoin terdiri dari 3.500 node penyedia penyimpanan yang sering disebut sebagai validator. Node-node ini memverifikasi data on-chain setiap hari dengan cara kriptografis.

Dengan memanfaatkan teknologi penyimpanan data terdesentralisasi Filecoin, VCCRI menunjukkan komitmennya untuk memastikan integritas, keamanan, dan ketahanan data penelitian kardiovaskularnya. Langkah ini menandai era baru dalam penyimpanan data medis dengan teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: