VanEck Pangkas Biaya ETF Bitcoin Spot Jadi Nol di Tengah Arus Masuk ATH

VanEck Pangkas Biaya ETF Bitcoin Spot Jadi Nol di Tengah Arus Masuk ATH

Perusahaan manajemen aset VanEck akan memangkas semua biaya sponsor menjadi nol untuk $1,5 miliar pertama dari dana dalam Bitcoin Trust ETF hingga 31 Maret 2025. Menurut pengumuman pada 11 Maret, biaya sponsor dikenakan sebesar 0,20% dari aset bersih yang dikelola untuk dana yang melebihi $1,5 miliar.

“Karena kami sangat percaya pada #bitcoin, mulai besok, Anda dapat berinvestasi di VanEck Bitcoin Trust (HODL) tanpa biaya hingga 31 Maret 2025,” tulis manajer aset tersebut. VanEck Bitcoin Trust ETF disetujui oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) pada 4 Januari dan saat ini memiliki aset kelolaan sebesar $297,86 juta, dengan 4.299 Bitcoin (BTC) dalam kepemilikannya.

Melacak kinerja Bitcoin, exchange-traded fund (ETF) tersebut telah menghasilkan 87,7% sejak didirikan dua bulan lalu.

VanEck Potong Biaya ETF Bitcoin Spot Jadi Nol

vaneck crypto
Bitcoin Magazine

Bahkan saat SEC sedang meninjau aplikasi ETF Bitcoin spot, manajer ETF telah memulai perang harga atas biaya manajemen dana mereka. Sebelum masuknya pesaing, Grayscale Bitcoin Trust memiliki biaya manajemen tahunan sebesar 2%. Rata-rata industri sejak itu turun di bawah 0,30%.

Baca Juga: Binance Terpuruk Akibat Gugatan SEC dan Class-Action

Pada hari yang sama, Eric Balchunas, analis ETF senior untuk Bloomberg, mencatat dalam penelitiannya bahwa sepuluh ETF Bitcoin spot yang terdaftar di AS telah mengumpulkan aset kelolaan gabungan tertinggi sepanjang masa sebesar $55 miliar dan total volume perdagangan $110 miliar.

“Jika ini adalah angka di akhir tahun, saya akan menyebutnya sukses. Melakukannya dalam delapan minggu sungguh tidak masuk akal,” tulis Balchunas, menambahkan: Ukuran ETF Bitcoin telah melampaui ETF Industri S&P 500 tetapi tetap di belakang aset kelolaan ETF sektor Volatilitas Rendah S&P 500 dan tidak mendekati triliunan dolar yang dikelola dalam ETF emas. Pada saat publikasi, Bitcoin diperdagangkan pada harga tertinggi sepanjang masa $72.721.

HODL VanEck Memikat Investor dengan Biaya Nol

Perusahaan manajemen aset tersebut disebutkan pada X: “Karena kami sangat percaya pada #bitcoin, mulai besok, Anda dapat berinvestasi di VanEck Bitcoin Trust (HODL) tanpa biaya hingga 31 Maret 2025.

Jika aset Trust melebihi $1,5 miliar sebelum 31 Maret 2025, Biaya Sponsor yang dibebankan pada aset lebih dari $1,5 miliar akan menjadi 0,20%. Semua investor akan dikenakan Biaya Sponsor yang sama, rata-rata tertimbang dari tarif biaya tersebut. Setelah 31 Maret 2025, Biaya Sponsor akan menjadi 0,20%.”

Aksi Reli Crypto Picu Lonjakan Investasi

Aksi Reli Crypto Picu Lonjakan Investasi

X/@vaneck_us

Di tengah reli bersejarah baru-baru ini di pasar mata uang crypto, investor crypto institusional menyalurkan sejumlah uang dalam jumlah rekor ke dalam exchange-traded fund (ETF) Bitcoin, dengan harga Bitcoin melonjak dan sentimen pasar crypto mencapai tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, Finance Magnates melaporkan.

Peluncuran ETF Bitcoin spot pada Januari 2024 telah mendemokratisasi akses ke aset digital, menarik beragam investor, mulai dari manajer kekayaan hingga pedagang eceran. BlackRock’s iShares Bitcoin Trust telah menarik rekor modal institusional, mengalami arus masuk yang mengejutkan sebesar $520 juta dalam satu hari.

Analis pasar mengaitkan masuknya investasi dengan kemudahan perdagangan BTC melalui ETF dan daya tarik diversifikasi portofolio. Khususnya, investor ritel mendorong pertumbuhan ini, yang mencerminkan meningkatnya penerimaan mata uang crypto.

Penutup

VanEck telah mengumumkan pengurangan sementara biaya manajemennya menjadi nol. Meskipun mendorong adopsi crypto dan Bitcoin, perusahaan manajemen aset di balik exchange-traded fund ETF Bitcoin spot bernama HODL telah berjuang untuk mengumpulkan investasi ke dalam dana tersebut.

Baca Juga: 8 Altcoin yang Berpotensi Bull Run 10x-100x Menjelang Halving 2024

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi