VanEck Kembali Berjuang untuk ETF Bitcoin, Apakah Kali Ini Berhasil?

author:

VanEck Kembali Berjuang untuk ETF Bitcoin, Apakah Kali Ini Berhasil?

VanEck, perusahaan manajemen aset ternama, kembali berupaya mendapatkan persetujuan untuk Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin spot dari Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC). Dengan semakin banyaknya perusahaan yang berusaha mendapatkan persetujuan serupa, apakah kali ini VanEck akan berhasil?

VanEck dan Upaya Mereka untuk ETF Bitcoin Spot

vaneck etf bitcoin
Sumber: Twitter

VanEck telah lama dikenal sebagai pemain penting dalam industri manajemen aset. Dengan meningkatnya minat pada mata uang crypto, VanEck melihat kebutuhan untuk menawarkan eksposur Bitcoin yang diatur dan aman kepada investor. Solusi yang mereka usulkan adalah ETF Bitcoin. Perusahaan ini pertama kali mengajukan permohonan untuk ETF Bitcoin ke SEC AS beberapa tahun lalu.

Baca juga: VanEck Berkomitmen Mendukung Pengembangan Ethereum dengan Donasi Besar!

Namun, upaya awal ini menghadapi hambatan regulasi dan akhirnya ditarik. VanEck tidak menyerah pada tujuannya, dan perusahaan telah bekerja keras untuk mengatasi kekhawatiran yang diajukan oleh SEC, termasuk yang berkaitan dengan manipulasi pasar. Pengajuan terbaru mereka mencerminkan komitmen ini.

Perubahan Sikap SEC dan Dampaknya pada Pasar Crypto

SEC secara konsisten mengungkapkan kekhawatiran tentang potensi manipulasi pasar dan perlindungan investor di pasar crypto, yang telah memainkan peran dalam penolakan aplikasi ETF sebelumnya.

Namun, ada tanda-tanda perubahan sentimen dalam badan regulasi ini. Persetujuan ETF Bitcoin dapat memiliki dampak transformatif pada pasar crypto. Firma penelitian investasi Galaxy Digital memprediksi bahwa produk yang sangat dicari ini dapat menarik lebih dari $14 miliar dalam aset dalam tahun pertama persetujuan, dengan angka ini berpotensi naik menjadi $39 miliar pada tahun ketiga.

Baca juga: Bitcoin Melonjak, Whale Bitcoin Borong $1 Miliar dalam 5 Hari! Tanda Bull Run Baru?

Perusahaan Lain Ikut serta dalam Perlombaan ETF Bitcoin

etf bitcoin ark invest 21 shares

Dengan pengajuan baru ini, VanEck bergabung dengan daftar panjang manajer aset yang memperbarui aplikasi mereka untuk ETF Bitcoin spot. Pada bulan September lalu, Bitwise Asset Management juga mengajukan aplikasi yang telah diubah untuk menanggapi penolakan SEC terhadap produk tersebut.

Awal bulan ini, ARK Invest dan 21Shares mengubah aplikasi bersama mereka juga, memberikan informasi tambahan tentang ETF Bitcoin spot yang mereka usulkan, termasuk praktik untuk penyimpanan aset dan penilaian.

Meskipun penolakan sebelumnya dan kekhawatiran yang diungkapkan oleh SEC mungkin menimbulkan bayangan, upaya gigih dari raksasa keuangan seperti VanEck dan BlackRock untuk memperbaiki proposal mereka menunjukkan perubahan lanskap.

Investor menonton dengan cermat saat perusahaan-perusahaan ini menavigasi labirin regulasi, sepenuhnya menyadari bahwa persetujuan ETF Bitcoin spot bisa menjadi perubahan permainan untuk investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: