Uzbekistan Perketat Aturan Penambangan Crypto: Hanya Entitas Hukum yang Diizinkan!

author:

Uzbekistan Perketat Aturan Penambangan Crypto: Hanya Entitas Hukum yang Diizinkan!

Uzbekistan, negara di Asia Tengah, telah mengumumkan perubahan signifikan dalam regulasi penambangan crypto. Melalui dekret yang dikeluarkan oleh National Agency for Perspective Projects (NAPP), negara ini membatasi aktivitas penambangan crypto hanya untuk entitas hukum, dengan fokus pada penggunaan energi matahari.

Ketentuan Baru dalam Penambangan Crypto

uzbekistan luncurkan kartu crypto
Sumber: Block Chair

NAPP, sebagai lembaga pengawas pasar crypto di Uzbekistan, telah mengeluarkan dekret yang menetapkan kerangka lisensi untuk operasi penambangan crypto. Dekret ini menekankan bahwa hanya entitas hukum yang diizinkan untuk melakukan penambangan, sementara operasi individual dilarang.

Baca juga: El Salvador Luncurkan Kolam Penambangan Bitcoin Pertama, Apa Dampaknya?

Selain pembatasan pada entitas, NAPP juga menetapkan bahwa perusahaan harus menggunakan energi matahari dalam operasi penambangannya. Meskipun ada beberapa pengecualian yang memungkinkan penggunaan sistem tenaga terpadu Uzbekistan, detail spesifik kondisi tersebut belum dijelaskan.

Dalam hal infrastruktur, perusahaan diwajibkan untuk memiliki ruangan khusus untuk peralatan penambangan dan hanya diperbolehkan menambang crypto di alamat yang terdaftar.

Pembatasan pada Jenis Crypto yang Dapat Ditambang

NAPP telah menetapkan batasan jelas mengenai jenis kripto yang dapat ditambang. Crypto yang menekankan anonimitas transaksi, seperti Monero (XMR), dilarang untuk ditambang di bawah regulasi baru.

Baca juga: Beri Lampu Hijau untuk Crypto, Presiden Uzbekistan Setujui Serangkaian Amandemen!

Selain itu, untuk dapat melakukan aktivitas atau layanan penambangan, perusahaan harus mendapatkan izin dan lisensi yang diperlukan sesuai ketentuan NAPP.

NAPP juga mengimbau semua pelaku untuk memastikan mereka beroperasi dalam kerangka hukum dan menghindari aktivitas terkait crypto tanpa lisensi yang diperlukan.

Dengan dikeluarkannya dekret ini, Uzbekistan menunjukkan komitmennya untuk mengatur industri crypto dengan lebih ketat. Meskipun masih ada beberapa ketidakpastian mengenai penerapan aturan ini, langkah ini diharapkan dapat meningkatkan transparansi dan kepatuhan di sektor penambangan crypto di negara tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: