UU Baru di Inggris: Penyitaan Crypto Illegal Tanpa Perlunya Keputusan Pengadilan!

UU Baru di Inggris: Penyitaan Crypto Illegal Tanpa Perlunya Keputusan Pengadilan!

Sebuah undang-undang baru di Inggris telah diberlakukan yang memberikan wewenang lebih besar kepada penegak hukum untuk menyita dan membekukan aset crypto yang terlibat dalam aktivitas kriminal. Undang-undang ini telah diberlakukan setelah mendapat persetujuan dari Raja. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Undang-Undang Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Korporasi

uu crypto baru inggris
Created by DALL-E 3

Undang-Undang Kejahatan Ekonomi dan Transparansi Korporasi yang baru diberlakukan mencakup berbagai jenis kejahatan, mulai dari perdagangan narkoba hingga kejahatan siber.

Undang-undang ini memberikan wewenang yang lebih luas kepada penegak hukum dan memungkinkan mereka untuk menyita aset crypto yang terlibat dalam kejahatan tanpa memerlukan keputusan pengadilan.

Hal ini sangat berguna, terutama dalam kasus yang memerlukan penanganan segera. Undang-undang ini pertama kali diperkenalkan pada bulan September tahun lalu dan sejak itu telah ditambahkan beberapa amandemen untuk memastikan bahwa tindakan tersebut mencakup juga terorisme.

Ketentuan tambahan untuk membantu otoritas menyita aset lain yang dapat membantu dalam mengidentifikasi crypto yang terlibat dalam kejahatan juga telah ditambahkan. Undang-undang ini telah disahkan oleh Parlemen pada hari Rabu.

Baca Juga: Inggris Dominasi Pasar Crypto di Eropa, Transaksi Capai $252 Miliar

Inggris Berupaya Menjadi Pusat Global untuk Crypto

Meski Inggris telah menyatakan niatnya untuk menjadi pusat global untuk crypto dan telah mengesahkan beberapa undang-undang untuk melegitimasi crypto di negaranya, mereka juga telah menindak tegas kejahatan dan penipuan crypto.

Agen penegak hukum telah menyita ratusan juta pound sterling aset crypto yang terlibat dalam aktivitas kriminal dan telah menempatkan penasihat taktis crypto di departemen polisi di seluruh negeri untuk membantu dalam penyelidikan.

Baca Juga: OKX Inggris Mengurangi Token yang Terdaftar, Apa Alasannya?

Strategi Kejahatan Ekonomi Inggris 2023-2026

kejahatan ekonomi inggris
Created by DALL-E 3

Pembentukan undang-undang baru ini sejalan dengan komitmen pemerintah untuk regulasi crypto yang ketat sebagai bagian dari strategi kejahatan ekonomi mereka yang berlangsung dari 2023 hingga 2026.

Saat mempresentasikan strategi ini pada bulan Maret, pembuat undang-undang juga mengumumkan rencana mereka untuk mengadopsi Aturan Perjalanan Financial Action Task Force – seperangkat pedoman yang dirancang untuk mencegah pencucian uang dan pendanaan teroris, yang berlaku untuk penyedia layanan aset virtual (VASPs) dan lembaga keuangan yang terlibat dalam transaksi aset digital.

Dengan diberlakukannya undang-undang ini, Inggris berharap dapat mempercepat dan memperluas penyitaan aset crypto yang terlibat dalam kegiatan kriminal. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat reputasi Inggris sebagai tempat di mana bisnis yang sah dapat berkembang sambil mengusir uang kotor dari Inggris.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: