Kalahkan Bitcoin, USDT Mendominasi Pasar Crypto Brasil!

author:

Kalahkan Bitcoin, USDT Mendominasi Pasar Crypto Brasil!

Pasar crypto Brasil diramaikan oleh lonjakan adopsi USDT yang signifikan, mencapai 80% dari total transaksi crypto di negara tersebut pada tahun 2023. Dengan volume transaksi mencapai $55 miliar, USDT berhasil menggungguli Bitcoin yang hanya mencatatkan transaksi sebesar $30 miliar.

USDT: Mata Uang Crypto Pilihan Brasil

profit tether di 2023
Sumber: PYMNTS

USDT, sebuah stablecoin yang nilainya seringkali diikat dengan mata uang fiat seperti dolar AS dan real Brasil, telah melihat peningkatan transaksi yang signifikan di Brasil sejak 2021.

Baca juga: Bank Sentral Brasil Rencanakan Langkah Selanjutnya dalam Adopsi CBDC dan Pembayaran Digital

Pada pertengahan Oktober 2023, transaksi USDT di Brasil mencapai $271 miliar real Brasil (~$55 miliar), hampir dua kali lipat volume transaksi Bitcoin di negara tersebut, yang mencapai $151 miliar real Brasil (~$30 miliar).

Peningkatan transaksi USDT ini terjadi meski industri crypto mengalami badai besar pada tahun 2022, dengan jatuhnya perusahaan pemberi pinjaman crypto Three Arrows Capital dan Voyager Capital. Meski demikian, USDT berhasil melampaui volume Bitcoin untuk pertama kalinya pada Juli 2022.

Regulasi dan Pajak Crypto di Brasil

crypto friendly regulation brazil
Sumber: Coin Culture

Pemerintah Brasil melacak aktivitas crypto warganya menggunakan sistem canggih yang mengandalkan kecerdasan buatan dan analisis jaringan. Sistem ini mampu mendeteksi aktivitas mencurigakan serta melacak lokasi individu yang melakukan perdagangan crypto.

Pada 25 Oktober 2023, Kongres setempat mengesahkan undang-undang yang mengakui crypto sebagai “aset keuangan” untuk tujuan pajak dalam investasi luar negeri. Mulai Januari 2024, pendapatan di luar negeri antara 6.000 dan 50.000 real (~$10.000) akan dikenakan tarif pajak 15%. Di atas ambang ini, pajak akan diterapkan sebesar 22,5%.

Baca juga: Alameda dan Cumberland Mendominasi Pasar USDT dengan 70% dari Koin yang Diterbitkan

USDT vs Bitcoin: Pertarungan Titan

Menurut data dari Receita Federal do Brasil, volume perdagangan USDT telah melampaui volume perdagangan semua kripto lainnya yang digabungkan pada tahun 2022. Fakta ini menunjukkan bahwa USDT telah menjadi aset digital paling banyak diperdagangkan di negara tersebut selama 10 bulan terakhir.

Pada periode yang diamati, volume perdagangan USDT di Brasil melebihi 271 miliar real Brasil (sekitar $54 miliar) – hampir dua kali lipat volume kripto utama Bitcoin (BTC), yang diperdagangkan sedikit di atas 151 miliar real Brasil (sekitar $30 miliar) selama periode yang sama.

Dengan dominasi USDT yang semakin kuat, Brasil mungkin akan melihat perubahan signifikan dalam lanskap regulasi dan pajak crypto di negara tersebut. Pemerintah perlu memperhatikan pergeseran ini dan berpotensi menghasilkan legislasi tambahan untuk industri aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: