Stablecoin Pax Dollar (USDP) Sempat Anjlok, Apa Penyebabnya?

author:

Stablecoin Pax Dollar (USDP) Sempat Anjlok, Apa Penyebabnya?

Jakarta, Pintu News – Pax Dollar (USDP), sebuah stablecoin yang dipatok dengan nilai tukar $1, mengalami penurunan nilai sementara pada tanggal 16 April 2024.

Harga USDP sempat melonjak hingga $1,29 sebelum kembali stabil di $1 dalam waktu tiga jam. Menurut laporan Cointelegraph, penurunan nilai ini disebabkan masalah pada pricing aggregator, bukan pada protokol USDP itu sendiri.

Penyebab Anjloknya Nilai USDP

Menurut juru bicara Paxos baru-baru ini, depresiasi sementara stablecoin Pax Dollar (USDP) disebabkan oleh masalah dengan agregator harga, bukan protokol itu sendiri.

Baca juga: Lonjakan Signifikan Volume Perdagangan di Bursa Utama Kripto, Ini Datanya!

Tercatat di data CoinMarketCap, harga Pax Dollar sempat melonjak menjadi $1,29 pada 16 April 2024 sebelum kembali ke $1 dalam waktu tiga jam setelah terdepresiasi.

Juru bicara Paxos menjelaskan,

“Platform-platform ini mengambil data harga dari tempat perdagangan. Kemarin, terjadi lonjakan harga yang tajam di beberapa tempat yang mempengaruhi harga USDP pada agregator harga. Paxos tidak mengontrol pasar atau aktivitas perdagangan di tempat lain.”

Depresiasi ini terjadi saat kapitalisasi pasar USDP naik sementara dari $140 juta menjadi $181 juta ketika koin mencapai $1,29, menurut catatan CoinMarketCap.

Sumber: CoinMarketCap

Kapitalisasi pasar USDP turun kembali ke $140 juta pada saat yang tepat ketika USDP kembali sejajar dengan dolar AS. USDP saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar $134 juta.

USDP dari Paxos Jadi Stablecoin Terbesar ke-13

Meskipun terjadi fluktuasi harga sementara, USDP akan selalu dapat ditukarkan dengan nilai yang adil melalui Paxos, menurut juru bicara tersebut:

“Paxos selalu menilai USDP sebagai $1, dan pelanggan selalu dapat membuat dan menukarkan USDP dari Paxos seharga $1. Paxos menyediakan API yang menawarkan penukaran 1:1 selama 24/7. Jika tempat perdagangan memilih untuk tidak menerapkan API ini atau tidak ingin memastikan dukungan likuiditas, terserah pada pengguna untuk menentukan pendekatan terbaik untuk pemesanan.”

Saat ini, USDP dari Paxos adalah stablecoin terbesar ke-13 menurut kapitalisasi pasar, berdasarkan data CoinMarketCap.

Baca juga: Paxos Crypto: Revolusi Sistem Keuangan dengan Teknologi Blockchain

Trader Dilikuidasi Sebesar $529.000 setelah Melakukan Depegging

Sumber: X

Baru-baru ini, seorang trader tak dikenal dilikuidasi senilai $529.000 dalam bentuk USD Coin (USDC) dari Circle pada 16 April 2024, tidak lama setelah Pax Dollar melonjak menjadi $1.18, menurut sebuah postingan X tanggal 17 April oleh firma keamanan on-chain, PeckShield.

Trader yang menggunakan platform berbeda harus memperhatikan buku pesanan platform tersebut untuk menghindari risiko serupa. Juru bicara Paxos kepada Cointelegraph menyatakan:

“Ketika trading di tempat manapun, pengguna harus melihat buku pesanan sebelum memasang pesanan besar. Khususnya untuk stablecoin, pengguna harus memastikan mereka menggunakan pesanan batas.”

Mengutip laporan Cointelegraph, Pax Dollar telah mengalami fluktuasi harga yang signifikan lebih dari satu kali. USDP mencapai titik terendah sepanjang masa sebesar $0.87 pada 13 Maret 2020, dan naik setinggi $2.02 pada 16 November 2021, menurut CoinMarketCap.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block