USDD: Stablecoin Baru yang Mengguncang Dunia Crypto, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

USDD: Stablecoin Baru yang Mengguncang Dunia Crypto, Apa yang Harus Kamu Ketahui?

USDD, dikenal juga sebagai decentralized USD, adalah stablecoin yang dikembangkan oleh Justin Sun, pendiri blockchain Tron.

Dengan harga yang diikat ke Dolar AS melalui smart contract, USDD menjanjikan stabilitas dan transparansi. Namun, apa yang membuatnya berbeda dari stablecoin lainnya?

Dasar-dasar USDD: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

USDD diluncurkan pada Mei 2022 dan berfungsi mirip dengan Dolar AS atau emas. Sebagai stablecoin algoritmik, USDD mempertahankan stabilitas harganya melalui algoritma dan smart contract yang mengatur jumlah token yang beredar.

Saat harga USDD jatuh di bawah $1, algoritma memungkinkan pengguna untuk menukar 1 USDD dengan mata uang lain di reserve-nya.

Baca Juga: 7 Stablecoin Terpopuler Saat Ini, USDC Urutan Keberapa?

Sebaliknya, jika harga naik di atas $1, pengguna dapat menukar mata uang lain senilai $1 untuk 1 USDD.

Sistem Jaminan USDD: Bagaimana Mereka Menjamin Stabilitas?

Sistem Jaminan USDD: Bagaimana Mereka Menjamin Stabilitas?
X

Untuk memastikan stabilitas, USDD didukung oleh sistem jaminan yang terdiri dari Bitcoin, Tron, dan USDT. Rasio jaminan USDD lebih dari 200%, yang berarti nilai mata uang di reservenya dua kali lipat dari USDD yang dikeluarkan.

Ini menjamin bahwa setiap USDD yang dikeluarkan didukung oleh setidaknya $1,3 dalam BTC, Tron, atau USDT.

USDD vs UST: Apa Perbedaannya?

Meskipun USDD dan UST keduanya adalah stablecoin algoritmik, ada beberapa perbedaan kunci. USDD dikembangkan oleh Justin Sun dan berjalan di platform teknologi blockchain TRON, sementara UST dikembangkan oleh Terra dan berjalan di blockchain Terra.

Kedua stablecoin ini memiliki mekanisme yang mirip untuk mempertahankan stabilitas harganya, tetapi USDD menawarkan APY sebesar 30%, sedangkan UST menawarkan APY sebesar 19,5%.

Baca Juga: Kerjakan Regulasi Stablecoin Baru, Hong Kong Tolak Stablecoin Satu Ini

USDD menunjukkan potensi besar sebagai stablecoin baru di pasar crypto. Dengan dukungan dari Justin Sun dan teknologi canggih yang memastikan stabilitas harganya, USDD mungkin menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang mencari alternatif untuk stablecoin tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: