USDC Meluas ke Polkadot, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Crypto?

author:

USDC Meluas ke Polkadot, Apa Dampaknya bagi Ekosistem Crypto?

Circle, penerbit stablecoin USDC, telah meluncurkan USDC di jaringan Polkadot, menandai ekspansi signifikan dari stablecoin berbasis dolar ini. Dengan peluncuran ini, USDC kini beroperasi di 14 jaringan blockchain, termasuk Ethereum, Solana, dan Avalanche.

USDC di Polkadot: Integrasi Tanpa Hambatan

usdc meluncur di polkadot
Sumber: Blog Circle

Melalui sebah postingan website, Circle telah mengumumkan peluncuran resmi USDC di jaringan Polkadot pada tanggal 19 September 2023. Dengan integrasi ini, pengembang dan pengguna di jaringan Polkadot dapat mengakses token USDC secara native tanpa memerlukan jembatan.

Baca juga: Circle Luncurkan Stablecoin USDC di NEAR Protocol, Apa Dampaknya Bagi Ekosistem?

USDC di Polkadot diterbitkan di Polkadot Asset Hub, sebuah parachain khusus yang dirancang untuk mengeluarkan, mengelola, dan mentransfer aset digital di seluruh ekosistem Polkadot.

Dengan dukungan dari Polkadot Asset Hub, USDC dapat dengan mudah dipindahkan ke parachain lain menggunakan protokol XCM, format pesan lintas-konsensus native Polkadot.

Respon dan Dampak bagi Komunitas Crypto

Peluncuran USDC di Polkadot telah diterima dengan antusias oleh komunitas crypto. Björn Wagner, salah satu pendiri Parity Technologies, perusahaan di balik Polkadot, menyatakan kegembiraannya atas pengembangan ini.

Dengan peluncuran ini, USDC kini mendukung total 14 jaringan blockchain berbeda, termasuk Ethereum, Tron, Stellar, Solana, dan lainnya. Integrasi ini bertujuan untuk mempertahankan Circle sebagai mata uang crypto yang interoperable serta mendukung pembayaran berbiaya rendah.

Selain itu, proyek berbasis Polkadot, seperti Centrifuge, HydraDX, dan Moonbeam, kini menawarkan USDC sebagai stablecoin utama bagi penggunanya.

Baca juga: Polkadot Bersiap untuk Revolusi Baru: Polkadot 2.0 dan Dampaknya pada Harga DOT

Ekspansi USDC: Meningkatkan Adopsi Stablecoin

usdc meluncur di polkadot
Sumber: Crypto News

Circle terus memperluas operasi native USDC ke berbagai blockchain. Hanya dalam bulan September, USDC telah diluncurkan di empat jaringan blockchain lain selain Polkadot.

Meskipun USDC mengalami penurunan pangsa pasar sejak awal 2023, integrasi baru ini diterima sebagai perkembangan positif yang dapat meningkatkan tingkat adopsi stablecoin.

Saat ini, USDC masih merupakan stablecoin terbesar kedua dengan kapitalisasi pasar sebesar $25,51 miliar, menurut data dari DeFiLlama.

Dengan meluncurkan USDC di Polkadot, Circle menunjukkan komitmennya untuk memperluas cakupan dan meningkatkan adopsi stablecoin di berbagai ekosistem blockchain. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat posisi USDC sebagai stablecoin pilihan di industri crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: