‘Uptober’ Didepan Mata, Harga Bitcoin dan Ethereum Melesat Hingga 4% dalam Hitungan Menit!

‘Uptober’ Didepan Mata, Harga Bitcoin dan Ethereum Melesat Hingga 4% dalam Hitungan Menit!

Di awal Oktober, pasar crypto mendapat kejutan dengan lonjakan harga Bitcoin dan Ethereum yang tajam. Dalam waktu singkat, lebih dari $70 juta posisi short tiba-tiba dilikuidasi. Apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang diharapkan investor dari ‘Uptober’ ini? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Lonjakan Mendadak Bitcoin dan Ethereum

uptober 2023
Sumber: Akun X The Wolf of All Street

Pada 1 Oktober 2023, Bitcoin menunjukkan lonjakan harga sebesar 3% dalam waktu 15 menit, dari $27.100 menjadi $28.053. Sementara itu, Ethereum juga mengalami kenaikan harga hingga 4,7%, mencapai $1.755 sebelum stabil di angka $1.727.

Lonjakan harga ini menyebabkan likuidasi mendadak pada posisi short. Data menunjukkan bahwa hampir $36 juta posisi short Bitcoin dan $23 juta posisi short Ethereum dilikuidasi dalam waktu singkat.

Banyak komentator mengaitkan lonjakan ini dengan kedatangan “Uptober”, sebuah istilah dalam komunitas crypto yang menggambarkan Oktober sebagai bulan bullish untuk Bitcoin dan crypto lainnya.

Baca Juga: Bitcoin Halving 85% Selesai, Analis Crypto Prediksi Harga BTC Bullish di 2024-2025! Siap Cuan?

Uptober: Bulan Bersejarah untuk Crypto

uptober michael van de poppe
Sumber: Akun X Michael Van de Poppe

Sejarah menunjukkan bahwa Oktober seringkali menjadi bulan yang positif untuk pasar crypto. Data dari CoinGlass menunjukkan bahwa Oktober hanya menghasilkan return bulanan negatif dua kali sejak 2013.

Salah satu peristiwa yang dinantikan oleh pasar crypto adalah potensi persetujuan ETF Bitcoin oleh U.S. Securities and Exchange Commission (SEC). Meskipun banyak analis memperkirakan pengumuman ini akan terjadi pada Januari 2024.

Dengan keputusan ETF Bitcoin oleh SEC semakin dekat, sentimen pasar menjadi sangat tinggi. Hal ini dapat memicu pergerakan harga Bitcoin yang lebih tinggi dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: 10 Crypto dengan Supply Paling Sedikit, MATIC Salah Satunya?

Prediksi Harga Bitcoin: Apa Selanjutnya?

prediksi harga btc oktober
Sumber: Market Pintu

Dengan sentimen pasar yang meningkat dan momentum yang terus tumbuh di Oktober, diperkirakan harga Bitcoin dapat segera menembus angka $30.000 atau Rp466 juta (kurs $1 = Rp15.400). Jika SEC menyetujui ETF Bitcoin, harga bisa melonjak hingga $35.000 atau Rp543 juta (kurs $1 = Rp15.400).

Namun, menurut Cointelegraph, di sisi lain, jika terjadi pembalikan, harga Bitcoin bisa turun ke $26.274 dan dalam skenario terburuk bisa mencapai $25.600 atau bahkan $24.900. Dengan semua potensi dan risiko ini, investor harus tetap waspada dan memantau perkembangan pasar dengan cermat.

‘Uptober’ telah dimulai dengan gebrakan yang signifikan di pasar crypto. Hanya waktu yang akan menentukan apakah bulan ini akan menjadi salah satu bulan terbaik untuk Bitcoin dan Ethereum atau hanya sekedar lonjakan sementara.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: