Ethereum Melonjak! Upgrade ‘Quantum Leap’ Starknet Resmi Diluncurkan

author:

Ethereum Melonjak! Upgrade ‘Quantum Leap’ Starknet Resmi Diluncurkan

Starknet, sebuah lapisan kedua (layer 2) dari blockchain Ethereum, telah meluncurkan upgrade “Quantum Leap”-nya pada hari Rabu (12/7/23). Upgrade ini dirancang untuk meningkatkan jumlah transaksi per detik (TPS) dan mengurangi waktu konfirmasi untuk blockchain. Bahas lebih lanjut, yuk!

Quantum Leap: Lompatan Besar untuk Starknet

upgrade quantum leap ethereum
Twitter

Upgrade Quantum Leap telah diuji coba di jaringan uji Goerli minggu lalu, diikuti oleh pemungutan suara komunitas di mana 97,91% pemilih setuju untuk melanjutkan ke mainnet. Menurut tim StarkWare, perusahaan di balik blockchain Starknet, TPS mencapai puncak beberapa kali pada 90 selama pengujian, meskipun konsisten pada 37 TPS. StarkWare sebelumnya telah memberi tahu CoinDesk bahwa TPS setelah Quantum Leap akan mencapai angka tiga digit.

Baca juga: Proyek Ether: Mengapa Proses Minting Berhenti dan Bagaimana Masa Depannya?

CEO StarkWare, Uri Kolodny, mengakui bahwa hasil ini lebih rendah dari yang diharapkan dalam siaran pers yang dikirim ke CoinDesk.

“Kami mengatakan bahwa upgrade ini akan memberikan potensi TPS ratusan dalam Q3, dan hanya berharap dari pengujian stres untuk memeriksa apakah kami berada di jalur yang benar. Beberapa lusin TPS pada titik awal ini akan membuat kami bersemangat – tetapi kami mendapatkan lebih dari yang kami tawar.”

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengonfirmasi dan melaporkan transaksi berada di sekitar 10 detik, lebih tinggi dari yang diantisipasi.

“Angka-angka ini berbicara untuk diri mereka sendiri. Mereka adalah undangan bagi setiap pengembang, di mana pun mereka berada, untuk menguji jaringan,” kata Kolodny.

Dampak Upgrade Quantum Leap pada Ethereum

Lebih lanjut, upgrade ini memungkinkan Starknet untuk memproses transaksi dengan lebih cepat dan lebih murah dari sebelumnya. Fase-fase lebih lanjut dari upgrade saat ini diatur untuk diaktifkan dalam beberapa minggu mendatang.

Dengan upgrade ini, throughput transaksi Ethereum akan melonjak ke nilai tiga digit, kata tim. Fase berikutnya dari upgrade – mulai dari v0.13.0 – diatur untuk memperkenalkan biaya gas yang lebih rendah, meluncurkan pasar biaya, dan lebih lanjut mengurangi interval blok.

Tidak hanya itu, jaringan akan memiliki resistensi spam yang lebih baik, karena transaksi yang gagal akan dikenakan biaya, tidak ada transaksi yang gagal yang akan membayar biaya gas lagi. Dalam fase saat ini, jaringan telah mencapai benchmark TPS stabil 37.

Baca juga: Komunitas Ethereum Usulkan ‘Circuit Breaker’ untuk Lindungi DeFi dari Serangan Hacker!

Masa Depan Starknet dan Ethereum

Menurut Uri Kolodny, CEO StarkWare, upgrade Quantum Leap membuat TPS tinggi menjadi kenyataan di mainnet Ethereum. Dia menjelaskan bahwa “TPS tinggi akhirnya menjadi kenyataan di mainnet Ethereum” karena update baru.

Selain itu, waktu yang dibutuhkan untuk mengonfirmasi dan melaporkan transaksi berada di sekitar 10 detik, lebih tinggi dari yang diantisipasi. Menurut tim Starknet, throughput yang lebih tinggi dan inklusi yang lebih cepat akan membuka jalan untuk aplikasi DeFi yang lebih cepat. Ini juga berarti bahwa game berperingkat AAA akan menjadi lebih realistis dalam jaringan.

Eli Ben-Sasson, co-founder dan presiden StarkWare, mengatakan bahwa ini berarti komunitas pada dasarnya diberikan “alat bertenaga super.”

Pada akhirnya, dengan upgrade Quantum Leap, Starknet telah membuka jalan baru bagi transaksi Ethereum yang lebih cepat dan efisien. Ini menandai langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: