Upgrade Lido V2 akan Segera Tiba, Apa Saja Pembaharuannya?

author:

Upgrade Lido V2 akan Segera Tiba, Apa Saja Pembaharuannya?

Lido, platform liquid staking yang dominan, melakukan pemungutan suara untuk mengeksekusi iterasi keduanya di blockchain Ethereum, sebuah momen penting bagi para pengguna di komunitas keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang menginginkan desentralisasi lebih lanjut dan peningkatan yang lebih baik

Detil Penting Upgrade Lido: Lebih dari Sekadar Optimalisasi

Twitter

Berdasarkan cuitan Twitter Lido pada 12 Mei 2023 kemarin, mereka menyebut Lido v2 sebagai “peningkatan terpenting hingga saat ini” sejak diluncurkan pada Desember 2020, karena Ethereum adalah pasar pertama dan terbesar Lido untuk token liquid staking.

Dengan dua titik fokus utama, penarikan staking ETH dan pengenalan “Staking Router” yang dikatakan untuk meningkatkan partisipasi dari sekumpulan operator node yang lebih beragam, v2 di Ethereum hadir saat Lido memimpin sebagai platform staking likuid terbesar di ruang DeFi, dengan total nilai $11.77 miliar yang terkunci di seluruh ekosistem Ethereum, menurut DefiLlama.

Menurut posting blog-nya,

“Implementasi penarikan yang digabungkan dengan proposal Staking Router akan berkontribusi pada peningkatan desentralisasi jaringan, protokol Lido yang lebih sehat, dan memungkinkan kemampuan yang telah lama ditunggu-tunggu untuk melakukan staking dan unstaking (penarikan) sesuka hati, memperkuat stETH sebagai aset yang paling dapat dikomposisikan dan berguna di Ethereum.”

Dilansir dari Yahoo Finance (13/5/23), pemungutan suara akan berakhir pada 15 Mei 2023. Jika lolos, smart contract Lido akan ditingkatkan dan v2 akan ditayangkan.

Baca juga: Peneliti di Singapura Merancang Skema DAO yang Lebih Efisien, Kira-kira Gimana?

Pada saat berita ini ditulis, semua pemegang token LDO yang berpartisipasi telah memilih untuk menerapkan peningkatan. LDO, token tata kelola untuk Lido, telah melonjak 16% dalam 24 jam terakhir menjadi $1,89, menurut data dari CoinGecko.

Mengutip laporan Blockworks, dalam mempersiapkan upgrade Lideo v2 ini, serangkaian audit keamanan juga telah dilakukan, di mana sembilan auditor independen telah meninjau kode smart contract v2, menyelesaikan masalah yang terkait dengan penarikan, klaim, laporan oracle, keamanan, konsistensi, dan penarikan NFT.

Lido Menjadi Penyedia Liquid Staking Terbesar

Menurut laporan AMB Crypto (10/5/23), dalam pengumuman sebelumnya yang dibuat pada bulan Februari, Lido menyatakan bahwa peningkatan V2-nya akan terdiri dari dua komponen utama; Staking Router, yang merupakan infrastruktur modular yang memungkinkan pengembangan on-ramp untuk Node Operator baru, dan Penarikan, yang akan memungkinkan pemegang stETH untuk menarik diri dari Lido dengan rasio 1:1.

Dengan adanya upgrade ini, Lido bermaksud agar Staking Router-nya memungkinkan ekosistem validator yang lebih beragam.

Dalam sebuah laporan baru, platform analisis on-chain Glassnode mencatat,

“Penyedia liquid staking Lido masih memegang pangsa pasar terbesar, dengan dominasi 33,5%, diikuti oleh layanan staking dari bursa terpusat Coinbase dengan 11% dan Kraken dengan 7,1%.”

lido v2
Glassnode

Sejak Upgrade Shanghai ditayangkan di Ethereum, jumlah total token ETH yang ditransfer ke kontrak setoran ETH 2.0 melalui Lido telah meningkat sebesar 7,2%. Berdasarkan data dari Glassnode, per 10 Mei 2023, Lido menampung 6,1 juta ETH dari jumlah total koin ETH yang telah di-staking.

Respon Komunitas dan Masa Depan Lido

Respon awal terhadap upgrade ini tampaknya sangat positif, dengan banyak anggota komunitas Lido menunjukkan antusiasme tentang fitur baru dan peningkatan yang akan datang. Namun, ada juga beberapa tantangan yang dihadapi oleh Lido, termasuk persaingan yang ketat di pasar staking Ethereum dan kebutuhan untuk terus berinovasi dan memperbaiki platform.

Baca juga: Tinggalkan Polygon, Worldcoin Pilih Mainnet Optimism. Ini Alasannya!

Pada akhirnya, upgrade Lido v2 adalah langkah maju yang penting untuk platform ini. Dengan peningkatan yang signifikan dalam hal efisiensi dan fungsionalitas, Lido menunjukkan komitmennya untuk memberikan pengalaman staking terbaik untuk pengguna ETH.


Referensi: