Upgrade Ethereum Shanghai “Shapella” Rilis Jadwal Peluncuran, Bikin Harga ETH Naik?

author:

Upgrade Ethereum Shanghai “Shapella” Rilis Jadwal Peluncuran, Bikin Harga ETH Naik?

Dalam siaran langsung Execution Layer Meeting 156 yang dilakukan pada 16 Maret 2023, pengembang inti Ethereum, yakni tim Beiko, mengumumkan tangggal peluncuran hard fork Shanghai.

Dilansir dari Bein Crypto (16/3/23), tim Beiko bertujuan untuk memasukkan Shanghai ke dalam mainnet pada epoch 620.9536 setelah melewati pemungutan suara pengembang di GitHub.

Penasaran dengan informasi lanjutan terkait upgrade Ethereum Shanghai? Simak selengkapnya di sini!

Sebelumnya, intip harga ETH hari ini, yuk!

Harga ETH Naik 3,37% Dalam Waktu 24 Jam

Harga ETH Hari ini
Sumber: Pintu Market

Tercatat dari laman market Pintu, harga Ethereum (ETH) naik 3,37% dalam waktu 24 jam. ETH sempat menyentuh harga terendahnya di Rp25.279.006 pada 16 Maret 2023, dan menyentuh harga tertingginya di Rp26.504.153 pada tanggal 17 Maret 2023.

Sementara itu, dilansir dari CoinMarketCap (17/3/23), Ethereum berada di posisi ke-3 berdasarkan market cap-nya yang mencapai Rp3,2 kuadriliun, dengan volume pasar yang menyentuh Rp153 triliun dalam waktu 24 jam.

Baca juga: Vitalik Buterin Bagikan Pengalaman dan Saran untuk Jaringan Ethereum

Upgrade Ethereum Shanghai Dijadwalkan 12 April 2023

Sumber: Twitter

Jadwal perilisan upgrade Ethereum Shanghai juga dibagikan langsung melalui cuitan Tim Beiko, pengembang inti Ethereum, di Twitter pada 16 Maret 2023, yang menetapkan bahwa 12 April 2023 menjadi jadwal resmi dari para tim pengembang untuk melakukan upgrade.

Dilansir dari Coingape (16/3/23), upgrade Ethereum Shanghai akan memungkinkan validator untuk menarik Ethereum mereka yang dipertaruhkan pada Beacon Chain ke lapisan eksekusi. Mengutip dari Bein Crypto, upgrade ini akan membuka lebih dari 16 juta ETH, yang merupakan 14% dari pasokan saat ini.

Kemudian, peningkatan ini juga akan memperkenalkan fungsi baru ke lapisan eksekusi dan konsensus. Upgrade Shapella (Shanghai dan Capella) memperkenalkan perubahan pada lapisan eksekusi (Shanghai), lapisan konsensus (Capella), dan API Engine.

Lebih lanjut, klien Ethereum akan segera mengumumkan perilisan perangkat lunak untuk peningkatan ini dan akan membutuhkan node serta validator untuk fokus memperbarui perangkat lunak klien mereka.

Baru-baru ini, pengembang inti Ethereum juga mencatat bahwa beberapa validator tidak melakukan peningkatan dengan perilisan perangkat lunak klien terbaru yang menyebabkan masalah setelah peningkatan Shapella pada testnet Goerli kemarin.

Pengumuman Lido Finance

Protokol Lido Fitur Withdrawal
Sumber: Medium

Sementara itu, Coingape melaporkan bahwa Lido Finance, platform liquid staking Ethereum terbesar, mengumumkan bahwa penarikan ETH (stETH) yang di-staking oleh Lido kemungkinan besar akan ditunda hingga bulan Mei 2023.

Hal ini dikarenakan waktu yang dihabiskan untuk melakukan audit V2 telah menyebabkan penundaan kesiapan untuk peningkatan Ethereum Shanghai Goerli.

Bersamaan dengan hal tersebut, Lido mengungkapkan bahwa penarikan stETH tidak mungkin terjadi di mainnet sampai semua audit selesai. Oleh karenanya, penarikan mainnet diperkirakan akan ditayangkan pada pertengahan Mei 2023.


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: