Upgrade Ethereum Shanghai Rilis Februari 2023! Harga Ethereum Berpotensi Naik?

Upgrade Ethereum Shanghai Rilis Februari 2023! Harga Ethereum Berpotensi Naik?

Jaringan Ethereum yang kini mengadopsi model konsensus proof-of-stake menandakan keberhasilannya mengakhiri model konsensus proof-of-work. Pada 15 September 2022, peralihan konsensus yang ditunggu-tunggu yang dikenal dengan The Merge terjadi.

Kabarnya testnet upgrade ini akan berlangsung pada Februari 2023. Kira-kira apa dampak dari upgrade Ethereum Shanghai terhadap ekosistemnya dan juga investor? Simak informasi selengkapnya seperti dilansir laman Bit Times berikut ini.

Upgrade Ethereum Shanghai Diandalkan untuk Atasi Biaya Gas yang Tinggi

Setelah The Merge selesai dilakukan, Ethereum akan menjalani upgrade selanjutnya yang dikenal sebagai upgrade Ethereum Shanghai. Upgrade Ethereum Shanghai dilaporkan akan menyelidiki beberapa masalah Ethereum yang signifikan dengan memodifikasi format objek EVM (Ethereum Virtual Machine).

Baca Juga: Ethereum Shanghai Upgrade Maret 2023: Ethereum to the Moon?

Perubahan ini memungkinkan penarikan dana yang di-stake di Beacon Chain dan menurunkan biaya layer kedua Ethereum. Upgrade Ethereum Shanghai ini dijadwalkan pada awal 2023 dengan peluncuran upgrade diharapkan terjadi pada Maret 2023.

Upgrade Ethereum Shanghai Kemungkinan Rilis Pada Akhir Februari 2023

Upgrade Ethereum Shanghai Kemungkinan Rilis Pada Akhir Februari 2023
Invezz

Developer Ethereum baru-baru ini menekankan bahwa mereka akan fokus pada prosedur penarikan ETH. Fitur penarikan ETH saat ini tidak ditemukan di jaringan Ethereum dan upgrade ini akan difokuskan untuk mengembalikan dana ETH yang terkunci di jaringan Ethereum.

Christine Kim, Galaxy research associate, menyebutkan bahwa testnet Ethereum Shanghai publik kemungkinan akan rilis pada akhir Februari 2023. Developer Ethereum juga mengumumkan bahwa semua pertemuan mengenai upgrade ini akan disiarkan langsung di YouTube untuk kedepannya.

Namun, pihak Ethereum mengatakan bahwa penjadwalan ini bersifat fleksibel dan dapat berubah berdasarkan masalah apapun yang mungkin dihadapi tim termasuk potensi kesulitan yang mungkin muncul. Meskipun demikian, jika semuanya berjalan sesuai rencana developer, maka penarikan ETH akan diaktifkan pada bulan Maret 2023.

Salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, telah membagikan beberapa pandangan bullish atau goal-nya untuk Ethereum di tahun 2023, salah satunya termasuk mencapai tonggak sejarah baru untuk rollup scalling sesuai dengan roadmap Ethereum.

Ingin tahu apa saja yang disampaikan oleh Buterin terkait Ethereum untuk tahun 2023 mendatang? Simak berita selengkapnya mengenai Vitalik Buterin Ungkap Masa Depan Ethereum Tahun 2023 di sini.

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: