Upgrade Ethereum EIP 4844 Disebut Jadi Revolusi Besar untuk L2, Kenapa?

author:

Upgrade Ethereum EIP 4844 Disebut Jadi Revolusi Besar untuk L2, Kenapa?

Upgrade Ethereum EIP 4844 atau “Proto-Danksharding” yang sangat dinantikan akan membawa perubahan besar bagi dunia crypto. Selain menjadi game-changer dalam ekonomi biaya transaksi, upgrade ini juga akan meningkatkan kapasitas transaksional L2 di Ethereum (ETH) secara signifikan.

Penurunan Biaya L2 dan Peningkatan Kapasitas Transaksi

Sumber: Twitter

Menurut veteran Ethereum, Ryan Berckmans, EIP 4844 diharapkan akan diluncurkan dalam tiga bulan ke depan dan akan sangat mengurangi biaya L2. Penurunan komisi transaksional L2 ini akan diiringi dengan peningkatan bandwidth di jaringan.

Setelah diluncurkan, gas blob tidak akan bersaing dengan gas eksekusi L1, sehingga seluruh pasar blob harus dapat dibersihkan dengan biaya yang jauh lebih rendah meskipun setiap blob selalu terjual. Akibatnya, efisiensi biaya dan throughput Ethereum (ETH) akan meningkat sebesar 600%.

Baca juga: Buterin Siap Guncang Dunia dengan Overhaul Ethereum, Cardano Tertawa?

Manfaat Upgrade EIP 4844 untuk Solusi L2

Dengan aktivasi EIP 4844, solusi L2 dari berbagai jenis akan meningkatkan skala Ethereum (ETH) dengan cara yang baru. Baik solusi dengan bukti validitas ZK-secured (Polygon zkEVM, Starknet) maupun rollups optimis hibrida (Arbitrum Nova) akan mendapatkan manfaat dari upgrade ini dan berkontribusi pada peningkatan skala Ethereum (ETH).

Upgrade ini akan menjadi hal besar berikutnya untuk kegunaan dan aksesibilitas Ethereum (ETH), kata investor.

Secara keseluruhan, upgrade yang sangat dinantikan ini dijadwalkan untuk dikonfirmasi pada Q1 2024, setelah serangkaian fork bayangan dan pembaruan testnet. Sementara itu, satu upgrade perubahan game lainnya mungkin akan membuka peluang baru untuk L2 Ethereum (ETH).

Seperti dilaporkan U Today, proposal untuk menambahkan abstraksi akun asli ke solusi Layer-2 dirilis oleh pengembang minggu lalu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: