Upgrade Ethereum Dencun Melepaskan Proto Danksharding di Goerli Testnet!

author:

Upgrade Ethereum Dencun Melepaskan Proto Danksharding di Goerli Testnet!

Inovasi terbaru dalam dunia crypto telah tiba! Ethereum baru saja meluncurkan upgrade Dencun di Goerli Testnet, yang membawa konsep proto-danksharding yang revolusioner.

Upgrade ini diharapkan dapat mengurangi biaya transaksi dan meningkatkan efisiensi aplikasi terdesentralisasi (dApps), terutama bagi Layer-2 rollup chains.

Proto-Danksharding: Masa Depan Transaksi Ethereum

Upgrade Dencun di Goerli Testnet menandai langkah besar Ethereum dalam mengurangi beban penyimpanan data. Dengan EIP-4844, Ethereum memperkenalkan mekanisme transaksi baru yang disebut ephemeral blobs atau proto-danksharding.

Baca juga: Prospek Persetujuan ETF Ethereum pada Mei 2024, JPMorgan Ragu?

Teknologi ini memungkinkan node Ethereum untuk menyimpan dan mengakses data off-chain secara sementara, yang berpotensi menurunkan biaya transaksi secara signifikan. Para pengembang inti Ethereum telah mengonfirmasi peluncuran upgrade Dencun di Goerli Testnet.

Meskipun terdapat beberapa hambatan teknis seperti potensi “chain split”, upgrade ini berhasil diselesaikan dengan baik. Tim pengembang kini fokus pada penyelesaian masalah sinkronisasi antar klien sebelum peluncuran di mainnet.

Uji Coba Sebelum Peluncuran Mainnet

Tim pengembang Ethereum memilih pendekatan bertahap dalam menerapkan upgrade Dencun untuk memastikan transisi yang mulus. Goerli Testnet menjadi tahap awal, diikuti oleh implementasi di Sepolia Testnet pada 31 Januari dan Holesky Testnet pada 7 Februari 2024.

Langkah ini diambil untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah sebelum peluncuran resmi di mainnet yang dijadwalkan pada akhir kuartal pertama tahun 2024. Pengujian di Goerli Testnet memberikan wawasan berharga tentang kinerja upgrade Dencun.

Meskipun partisipasi awal diharapkan rendah, pengembang Ethereum Foundation, Paritosh, melaporkan adanya puluhan blobs di jaringan. Informasi ini penting untuk memantau kemajuan dan memastikan bahwa upgrade berjalan lancar.

Baca juga: Vitalik Buterin: L2 yang Menggunakan Celestia adalah Validium, Bukan Rollup Asli

Harapan Tinggi untuk Efisiensi Transaksi

ethereum upgrade cancun

Dengan pengenalan proto-danksharding, Ethereum berada di ambang era baru efisiensi transaksi. Upgrade Dencun di Goerli Testnet merupakan langkah penting menuju ekosistem transaksi yang lebih efektif dan hemat biaya.

Meskipun tantangan masih ada, strategi peluncuran bertahap menunjukkan komitmen Ethereum untuk memastikan integrasi yang sukses. Komunitas Ethereum dan pengembang dengan antusias menantikan pembaruan lebih lanjut. Semua mata tertuju pada Ethereum saat platform ini berevolusi, membuka kemungkinan desentralisasi yang baru dan menarik.

Secara keseluruhan, upgrade Dencun dan proto-danksharding di Goerli Testnet menjanjikan masa depan yang cerah bagi Ethereum dan ekosistem crypto secara keseluruhan.

Dengan peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya, Ethereum semakin mendekati visi menjadi platform yang lebih skalabel dan ramah pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: