Ethereum: Upgrade Dencun Sudah Dekat, Akankah Cukup Atasi Masalah Skalabilitas?

Ethereum: Upgrade Dencun Sudah Dekat, Akankah Cukup Atasi Masalah Skalabilitas?

Jaringan Ethereum tengah menghadapi masalah kapasitas yang semakin meningkat. Upgrade Dencun diharapkan dapat membantu, tetapi solusi yang lebih komprehensif terletak pada solusi multi-rantai seperti appchain dan rollup. Simak analisa lengkapnya berikut ini!

Upgrade Dencun: Solusi Sementara

ethereum upgrade dencun
Sumber: Ethereum Foundation Blog

Upgrade Dencun, yang bertujuan untuk meningkatkan skalabilitas Ethereum, saat ini sedang diimplementasikan di seluruh testnet. Meskipun sempat terjadi penundaan upgrade pada testnet Goerli karena adanya bug, deployment pada testnet Sepolia dan Holesky berjalan cukup lancar.

Solusi multi-rantai, khususnya rollu dan appchain, merupakan mekanisme ideal untuk meningkatkan kapasitas Ethereum dalam jangka panjang. Rollup memungkinkan transaksi diproses di luar mainnet Ethereum, kemudian hasilnya diringkas dan diverifikasi di mainnet. Appchain, di sisi lain, adalah blockchain terpisah yang terhubung ke Ethereum dan dapat menjalankan aplikasi khusus.

Baca Juga: Ethereum Meroket Jelang Upgrade Dencun, Grayscale: Ini Pemicunya!

Tantangan Implementasi Solusi Multi-Rantai

Meskipun solusi multi-rantai menawarkan potensi besar, implementasinya pada jaringan Ethereum menghadirkan sejumlah tantangan yang harus diatasi.

Salah satu tantangan utama adalah kompleksitas dalam mengelola interoperabilitas antara berbagai chain, yang membutuhkan pemahaman menyeluruh tentang protokol komunikasi lintas-rantai dan teknik integrasi. Tantangan lainnya adalah memastikan konsistensi langkah-langkah keamanan di seluruh chain.

Kesimpulan

Upgrade Dencun merupakan langkah maju yang signifikan dalam meningkatkan skalabilitas Ethereum. Namun, solusi multi-rantai seperti rollup dan appchain menawarkan potensi yang lebih besar untuk mengatasi masalah kapasitas jaringan dalam jangka panjang. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, pengembangan solusi multi-rantai akan menjadi kunci untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan ekosistem Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi