Integrasi BIP-324: Upgrade Bitcoin yang Akan Membuatnya Lebih Aman!

Integrasi BIP-324: Upgrade Bitcoin yang Akan Membuatnya Lebih Aman!

Jaringan peer-to-peer (p2p) Bitcoin akan segera mendapatkan peningkatan keamanan signifikan dengan integrasi Bitcoin Improvement Proposal (BIP) 324 yang akan datang. Proposal ini telah mendapatkan traksi dalam komunitas karena potensinya untuk menangkal serangan cyber tertentu. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bitcoin Lebih Aman dan Privat

Jameson Lopp, salah satu pendiri Casa dan pendukung Bitcoin yang kuat, menyoroti manfaat utama BIP324 melalui tweetnya. Menurutnya, jaringan p2p Bitcoin akan menjadi lebih aman terhadap serangan man-in-the-middle.

BIP324 memungkinkan node untuk mengenkripsi komunikasi mereka dengan peer di jaringan secara oportunis. Pieter Wuille, pengembang yang mengajukan BIP324, menekankan bahwa proposal ini akan meningkatkan biaya untuk pemantauan skala luas, sehingga membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak berwenang untuk memantau aktivitas di jaringan.

Baca Juga: Bitcoin Halving Sebentar Lagi! Simak 5 Strategi Investasi yang Wajib Kamu Ketahui!

Meningkatkan Ketahanan Sensor Bitcoin

sensor bitcoin

Platform yang menyediakan layanan BTC, River, menjelaskan lebih lanjut tentang implikasi integrasi BIP324. Mereka menyoroti bagaimana sifat tidak terenkripsi dari komunikasi p2p Bitcoin membuatnya rentan terhadap penyadapan.

BIP324 mengubah hal ini dengan menambahkan enkripsi transportasi oportunis, yang memperkenalkan string byte yang pseudorandom, sehingga hampir mustahil untuk dibedakan dari keacakan sebenarnya. Hal ini juga memastikan bahwa operasi node tetap terjangkau, menjaga semangat desentralisasi Bitcoin.

Baca Juga: 3 Negara Penambang Bitcoin Terbesar di Dunia pada Tahun 2023!

Lebih Banyak Perbaikan

BIP324 juga menawarkan beberapa peningkatan lainnya. Salah satunya adalah pengenalan handshake baru, yang akan memfasilitasi proses di mana node awalnya terhubung dan berkomunikasi.

Selain itu, BIP324 juga akan mengatasi potensi serangan denial-of-service di jaringan. Dengan mengimplementasikan beberapa langkah pengamanan terhadap jenis serangan ini, jaringan akan lebih siap untuk menjaga uptime dan menangkal aktor jahat yang mencoba mengganggu operasinya.

Dengan implementasi BIP324, Bitcoin akan menjadi lebih kuat, meskipun tidak sepenuhnya menghilangkan vektor serangan. Namun, ini akan membuat skenario terburuk menjadi kurang buruk dan memberikan lapisan perlindungan tambahan bagi pengguna Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: