Upgrade Bedrock Optimism (OP) Semakin Dekat, Apa Dampaknya pada Ethereum?

author:

Upgrade Bedrock Optimism (OP) Semakin Dekat, Apa Dampaknya pada Ethereum?

Optimism (OP), solusi layer-2 untuk Ethereum, sedang bersiap untuk pembaruan besar yang disebut Bedrock. Pembaruan ini diharapkan akan membuka jalan bagi Ethereum untuk menjadi Superchain, yaitu serangkaian rantai yang berbagi stack perangkat lunak dan memiliki properti keamanan yang sama yang memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dan bekerja bersama.

Menurut pengumuman yang dibagikan, pembaruan ini dijadwalkan akan dilakukan pada 6 Juni 2023.

Optimism Bedrock Upgrade: Meningkatkan Efisiensi dan Keamanan

bedrock optimism
Twitter

Pada 3 Juni 2023, melalui sebuah cuitan, KuCoin, sebuah bursa crypto, sedang mempersiapkan jaringan Optimism layer-2 untuk peningkatan Bedrock yang akan datang. Berdasarkan cuitan tersebut, pembaruan ini diharapkan dapat meningkatkan skalabilitas, keamanan, dan efisiensi.

Sementara itu, pembaruan Bedrock Optimism (OP) diharapkan akan meningkatkan efisiensi dan keamanan jaringan Optimism. Pasalnya, pembaruan ini akan memotong biaya transaksi dan mengurangi waktu setoran menjadi kurang dari satu menit.

Lebih lanjut, proses penarikan dua langkah akan diperkenalkan untuk memastikan keamanan maksimum. CEO dan pendiri Optimism (OP), Karl Floersch, mengatakan bahwa pembaruan ini adalah tonggak penting bagi stack OP dan membawa kita lebih dekat ke visi Superchain.

Baca juga: Prediksi Harga Optimism (OP) Tahun 2023, 2025, dan 2030: Harga OP Berpotensi Sentuh Rp1 Juta?

Superchain: Jaringan Rantai yang Terpadu

Optimism Siap Lakukan Pembaruan Bedrock

Mengutip laporan Blockworks, visi Superchain menggambarkan jaringan rantai yang dibangun di atas stack OP, atau Optimism. Superchain bukan hanya sekumpulan rantai yang terisolasi, tetapi serangkaian rantai yang berfungsi bersama-sama, berbagi stack perangkat lunak dan memiliki properti keamanan yang sama.

Dengan kata lain, setiap rantai dalam Superchain dapat berkomunikasi dan bekerja sama dengan rantai lainnya, menciptakan jaringan yang lebih kuat dan lebih efisien.

Konsep Superchain ini mencakup berbagai elemen, termasuk bridging, tata kelola, pembaruan, dan komunikasi lintas rantai. Dengan menggabungkan semua elemen ini menjadi satu jaringan tunggal yang terpadu, Superchain dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi pengguna dan pengembang.

Setelah pembaruan upgrade Bedrock, siapa pun yang tertarik untuk membangun di Ethereum dapat menjalankan perangkat lunak node menggunakan node OP atau node individu mereka sendiri tanpa keterlibatan OP. Ini berarti bahwa Superchain akan mendukung ekosistem multi-klien, di mana berbagai entitas dapat berkontribusi dan berpartisipasi dalam pengembangan dan pemeliharaan jaringan.

Dampak Pembaruan Bedrock pada Ethereum

Pembaruan Bedrock diharapkan akan memiliki dampak besar pada ekosistem Ethereum. Dengan pembaruan ini, Ethereum akan melangkah lebih dekat untuk menjadi platform blockchain terkemuka.

Pembaruan ini juga akan membawa peningkatan kinerja dan keamanan yang ditingkatkan ke jaringan Optimism. Selain itu, upgrade Bedrock Optimism juga penting bagi ekosistem Ethereum layer-1.

Dilansir dari KuCoin, adapun dampak dari upgrade Bedrock Optimism terhadap Ethereum seperti, skalabilitas dApp akan meningkat, memberikan pengalaman pengguna Ethereum yang lebih baik, menawarkan peningkatan efisiensi, serta mewujudkan masa depan multi-chain.

Baca juga: Terra Classic Resmi Merilis Proposal Upgrade Paritas v2.1.0, Apa Saja Pembaharuannya?

Pada akhirnya, pembaruan Bedrock adalah langkah penting bagi Optimism (OP) dan Ethereum. Dengan pembaruan ini, Ethereum berpotensi menjadi Superchain, sebuah visi yang akan membuka peluang baru bagi pengembang dan pengguna.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: