OpenAI ChatGPT Tambahkan Fitur Baru, Jadi Saingan Google Bard dan Microsoft Bing?

OpenAI ChatGPT Tambahkan Fitur Baru, Jadi Saingan Google Bard dan Microsoft Bing?

Baru-baru ini, OpenAI telah menyamakan keadaan dalam dunia chatbot kecerdasan buatan (AI) dengan melakukan pembaruan penting pada model ChatGPT. Apa yang baru? Koneksi internet. Sebelumnya, ini adalah keunggulan khusus yang dimiliki oleh Google Bard, namun kini tidak lagi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ChatGPT Bisa Menjelajah Internet: Perubahan Besar dalam Dunia Chatbot AI

fitur add web browsing chatgpt
Sumber: Decrypt

Pada Maret lalu, OpenAI memperkenalkan konsep plugin ChatGPT dan mengatakan bahwa ChatGPT akan dapat mencari di web. OpenAI kemudian membuat daftar tunggu bagi pengguna dan pengembang yang tertarik untuk mencoba fitur ini.

Fitur-fitur ini kini telah berubah menjadi beta untuk model GPT-4 dari ChatGPT, menjadikannya lebih luas tersedia. Langkah ini tampaknya telah dipercepat, kemungkinan sebagai respons terhadap rilis Google Bard dan fitur-fiturnya.

Fitur penjelajahan web ini juga menempatkan ChatGPT dalam persaingan dengan Microsoft Bing yang gratis dan menggunakan GPT-4, sama seperti model OpenAI.

Baca Juga: ChatGPT Beri Prediksi Harga Bitcoin, Ethereum dan Solana di 2023

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Baru ChatGPT?

Untuk pelanggan ChatGPT Plus, cara mengaktifkan fitur ini terletak dalam pengaturan akun. Di dalam tab “Fitur Beta”, pengguna dapat mengaktifkan opsi koneksi internet, kemudian membuka kemampuan untuk meminta informasi real-time selama sesi obrolan mereka.

Potensi fitur ini sangat besar, membuat model tersebut dapat menjelajah web dan mendapatkan informasi terbaru tentang apa saja. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk beberapa orang tertentu saat menjalani fase beta, yang berarti tidak semua pengguna ChatGPT Plus akan memiliki akses pada tahap ini.

Selain itu, OpenAI belum menjelaskan apakah mereka memiliki kontrol atas sumber apa yang digunakan oleh ChatGPT.

Baca Juga: Pasang Plugin ChatGPT, Solana Kucurkan Dana Rp14 Miliar untuk Proyek Inovatif Blockchain dan AI

Bagaimana ChatGPT Dibandingkan dengan Google Bard dan Bing?

chatgpt tentang bitcoin
Tangkapan layar hasil yang diperoleh dengan menggunakan ChatGPT. Sumber: Decrypt

Dalam perbandingan sisi ke sisi oleh Decrypt, ketiga chatbot: ChatGPT, Bard, dan Bing, diminta untuk memberikan harga Bitcoin saat ini. Hasilnya menunjukkan beberapa perbedaan dalam kemampuan mereka.

google bard tentang bitcoin
Tangkapan layar hasil yang diperoleh dengan menggunakan Google Bard. Sumber: Decrypt

Sementara ChatGPT memberikan respons yang hampir akurat dengan menggunakan Coinbase sebagai referensi, Bard menawarkan hasil berdasarkan sumbernya sendiri, dan Bing merujuk ke data Google dan CoinMarketCap.

kata bing tentang bitcoin
Tangkapan layar hasil yang diperoleh dengan menggunakan Microsoft Bing. Sumber: Decrypt

Google Bard dan Bing lebih unggul dari ChatGPT, tidak hanya dalam kecepatan respons mereka tetapi juga dalam kedalaman informasi yang disediakan. Keduanya memberikan respons hampir instan dan mencakup detail tambahan seperti fluktuasi intraday, harga tertinggi-rendah, volume perdagangan, dan perubahan harga—elemen yang saat ini tidak ada dalam respons ChatGPT.

Namun, menurut Decrypt, ChatGPT cukup mampu dalam tugas yang membutuhkan hasil yang lebih kreatif, seperti merangkum atau menjelaskan artikel berita.

Referensi: