Upgrade Astra oleh Ava Labs: Revolusi Baru dalam Arsitektur Subnet Avalanche

author:

Upgrade Astra oleh Ava Labs: Revolusi Baru dalam Arsitektur Subnet Avalanche

Ava Labs, perusahaan teknologi blockchain, baru-baru ini mengusulkan perubahan arsitektural pada subnets Avalanche melalui upgrade bernama Astra. Upgrade ini bertujuan untuk meningkatkan cara kerja subnets yang spesifik aplikasi beroperasi secara independen dari jaringan utama.

Upgrade Astra: Meningkatkan Fungsionalitas Subnet

ava labs upgrade astra
Sumber: Cryptonomist

Proposal upgrade Astra ini ditulis oleh Patrick O’Grady, kepala teknik di Ava Labs. Proposal ini menjelaskan pendekatan bertahap untuk memperbaiki fungsionalitas subnet. Fase pertama dari upgrade Astra ini merombak hubungan antara jaringan utama Avalanche dan subnets-nya.

Baca juga: Avalanche Gandeng Pengembang Game Terbesar Korea, Bagaimana Dampaknya kepada AVAX?

Dengan adanya upgrade ini, validator subnet akan fokus sepenuhnya pada menjalankan subnet dan mensinkronisasikan P-Chain-nya. Fokus yang lebih sempit ini menghasilkan penurunan permintaan komputasi dan perangkat keras, sehingga menurunkan biaya masuk.

Upgrade ini pada dasarnya menghilangkan kebutuhan bagi validator subnet untuk juga berfungsi sebagai validator jaringan utama. Fungsi P-Chain adalah untuk memungkinkan validator untuk mempertaruhkan AVAX dan menerima hadiah.

Subnets Avalanche: Menyediakan Solusi untuk Berbagai Aplikasi

tokenisasi avalanche
Sumber: Blockworks

Jaringan Avalanche memiliki beberapa subnets yang dirancang untuk berbagai aplikasi. Misalnya, subnets DeFi Kingdom dan Shrapnel melayani ruang game play-to-earn. Proyek seperti Dexalot dan Meld mengoperasikan subnets yang berfokus pada keuangan desentralisasi.

Ada juga subnets Evergreen khusus yang ditargetkan untuk klien perusahaan di industri jasa keuangan. Fase berikutnya akan mengubah model validasi subnet dari sistem berbasis staking menjadi sistem berbasis sewa. Alih-alih persyaratan staking 2.000 AVAX ($22.000) sebelumnya, biaya validasi “bayar sesuai penggunaan” baru dalam AVAX akan dikenakan.

Biaya ini dapat disesuaikan, berubah tergantung pada jumlah validator dalam subnet tertentu. Perubahan ini memperkenalkan mekanisme yang berharga secara dinamis dan dikenakan biaya secara terus-menerus, menghilangkan kebutuhan untuk mengunci atau mempertaruhkan jumlah besar AVAX di muka.

Baca juga: NEOBRED dan Avalanche Bersatu untuk Merevolusi Dunia Game Balap Kuda Blockchain!

Upgrade Astra: Membangun di Atas Kemajuan Sebelumnya

Upgrade Astra bukanlah inisiatif pertama oleh Ava Labs untuk meningkatkan kemampuan subnets-nya. Upgrade Banff tahun lalu memperkenalkan fitur seperti Elastic Subnets dan Avalanche Warp Messaging.

Upgrade Astra bertujuan untuk membangun di atas kemajuan sebelumnya ini, lebih lanjut memperhalus adaptabilitas dan fungsionalitas jaringan. Menurut Ava Labs, upgrade Astra Avalanche ini dapat membantu membawa subnets ke pasar yang lebih luas dari bisnis asli crypto dan tradisional yang membangun produk dan layanan on-chain ke dalam ekosistemnya.

Dengan upgrade Astra ini, Ava Labs berharap dapat membawa perubahan signifikan dalam cara kerja subnets dalam jaringan Avalanche. Ini adalah langkah maju yang berpotensi besar dalam memperluas penggunaan dan fungsionalitas subnets, membuka peluang baru bagi bisnis di berbagai sektor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: