Revolusi Ethereum, Vitalik Buterin dan Nimbus Lakukan ‘Pruning Update’! Untuk Apa?

Revolusi Ethereum, Vitalik Buterin dan Nimbus Lakukan ‘Pruning Update’! Untuk Apa?

Pada era dimana teknologi blockchain terus berkembang, Ethereum telah merilis pembaruan klien terbarunya, Nimbus, yang disebut ‘Pruning Update’. Ini merupakan hasil dari pembaruan roadmap oleh Vitalik Buterin, pendiri Ethereum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Vitalik Buterin Mengubah Roadmap Ethereum

pembaruan roadmap ethereum
Sumber: Akun Twitter Nimbus

Dilansir dari Coingape, Vitalik Buterin, yang merupakan arsitek utama Ethereum, baru-baru ini telah memperbarui roadmap teknologi Ethereum. Dia telah merencanakan pembaruan besar yang dapat memberikan efisiensi yang signifikan dalam cara kerja jaringan Ethereum.

Menurut Buterin, pembaruan ini akan membantu dalam mengatasi masalah skalabilitas yang saat ini dihadapi oleh Ethereum. Ini akan memungkinkan untuk melakukan lebih banyak transaksi dengan cepat dan efisien.

Namun, perubahan ini bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam. Tapi, Buterin dan timnya telah siap untuk tantangan ini dan bekerja keras untuk memastikan kesuksesan pembaruan ini.

Baca Juga: Meski Ethereum Sempat Menghentikan Penyelesaian Transaksi, Jangan Panik! Ini Dia Jawabannya

Klien Ethereum, Nimbus, Merilis Pembaruan Pruning

nimbus dan ethereum
Sumber: OurStatus

Berbarengan dengan pembaruan roadmap oleh Buterin, klien Ethereum Nimbus juga telah merilis pembaruan mereka yang dinamakan ‘Pruning Update’. Update ini telah dirancang untuk memperbaiki masalah penyimpanan dan efisiensi yang saat ini dihadapi oleh jaringan.

‘Pruning Update’ ini akan memperbaiki cara blockchain Ethereum menyimpan dan mengelola data. Ini akan memungkinkan jaringan untuk membuang data yang tidak lagi diperlukan dan menghemat ruang penyimpanan.

Dengan demikian, penggunaan ruang penyimpanan akan menjadi lebih efisien, dan ini akan meningkatkan kecepatan transaksi. Hal ini penting untuk memastikan bahwa Ethereum dapat terus bertahan di pasar crypto yang sangat kompetitif.

Baca Juga: Pulih dari Krisis, Beacon Chain Ethereum Diperbarui Setelah Alami Masalah Finalitas!

Dampak dari Pembaruan Ethereum

Dengan pembaruan ini, Ethereum tampaknya siap untuk mengatasi masalah skalabilitas dan efisiensi penyimpanan yang dihadapi oleh banyak blockchain lainnya. Ini adalah langkah penting yang akan mempengaruhi bagaimana transaksi dilakukan di masa depan.

Ini juga dapat memberikan dampak signifikan pada pengguna Ethereum. Mereka akan mampu melakukan lebih banyak transaksi dengan lebih cepat, dan ini dapat membantu Ethereum bersaing dengan jaringan blockchain lainnya.

Namun, perlu dicatat bahwa pembaruan ini masih sangat baru dan mungkin memerlukan waktu untuk sepenuhnya diimplementasikan. Meski demikian, ini adalah langkah maju yang penting dalam evolusi teknologi blockchain.

Perilisan pembaruan v23.5.1 oleh klien Ethereum, Nimbus, menandai tonggak penting dalam pengembangan dan peningkatan jaringan Ethereum yang sedang berlangsung. Dengan penambahan pemangkasan tambahan dan peningkatan kompatibilitas, Nimbus bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh jaringan, terutama dalam hal skalabilitas dan manajemen sumber daya.

Referensi: