Upaya Celsius untuk Mengembalikan Dana Pelanggan Pasca-Kebangkrutan

Upaya Celsius untuk Mengembalikan Dana Pelanggan Pasca-Kebangkrutan

Celsius, perusahaan peminjaman crypto yang bangkrut, sedang berupaya untuk mengembalikan sekitar $2 miliar dari pelanggan besar yang menarik dana mereka dari platform tersebut sebelum kebangkrutan perusahaan pada Juli 2022.

Menurut laporan Bloomberg, sebuah komite pengawasan kebangkrutan Celsius telah mulai menghubungi pelanggan yang menarik lebih dari $100.000 sebelum kejatuhan perusahaan, dengan tujuan menggunakan dana yang potensial dikembalikan untuk membayar kembali pelanggan yang tidak sempat menarik dana mereka dari platform.

Proses Clawback dan Penyelesaian

Komite tersebut menawarkan tarif “favorable” bagi pelanggan yang terkena dampak clawback jika mereka memutuskan untuk menyelesaikan, dengan ancaman litigasi jika dana tidak dikembalikan.

Baca Juga: EtherFi Mengumumkan Airdrop Besar-Besaran, Siapakah yang Beruntung?

Pelanggan yang menyelesaikan akan memiliki aset digital mereka disesuaikan berdasarkan nilai mereka pada Juli 2022, dekat dengan titik terendah pasar bear crypto, memungkinkan mereka untuk mempertahankan apresiasi modal yang dihasilkan dari pemulihan pasar.

Dukungan Kreditur terhadap Rencana Pembayaran Kembali Celsius

masa depan celsius network
Sumber: PYMNTS

Pada 31 Januari, Celsius berhasil keluar dari kebangkrutan dan mulai mendistribusikan lebih dari $3 miliar dalam bentuk crypto dan mata uang fiat kepada pengguna, yang disetujui oleh 98% kreditur. Namun, beberapa kreditur bisnis sejak itu mengklaim bahwa pembayaran uang fiat mereka akan mengurangi klaim mereka sebesar 30% dibandingkan dengan dibayar dalam kripto.

Tantangan Hukum dan Penyelesaian

Celsius juga menghadapi berbagai tantangan hukum dan penyelesaian keuangan. Perusahaan menyelesaikan denda sebesar $4,7 miliar dengan Komisi Perdagangan Federal Amerika Serikat (FTC) atau The Fed serta mencapai penyelesaian dengan Departemen Kehakiman, Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC), dan Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC).

CEO Celsius, Alex Mashinsky, mengundurkan diri pada September 2022 dan pada Juli 2023, dia didakwa dengan tujuh tuduhan kejahatan, termasuk penipuan sekuritas, penipuan kawat, dan konspirasi untuk melakukan penipuan terkait dengan aktivitasnya di platform. Saat ini, dia bebas dengan jaminan $40 juta.

Baca Juga: Magmic Mengumumkan Game Web3 MLB Idle Tycoon yang Resmi Berlisensi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: