Universitas Waikato di New Zealand Luncurkan Program Studi Fintech, Web3 Jadi Fokusnya?

Universitas Waikato di New Zealand Luncurkan Program Studi Fintech, Web3 Jadi Fokusnya?

Universitas Waikato di Selandia Baru telah meluncurkan program studi baru yang berfokus pada fintech, menjawab permintaan yang meningkat untuk spesialis di bidang ini. Program Sarjana Perbankan, Keuangan, dan Teknologi (BBFinTech) ini dirancang untuk mempersiapkan lulusannya dalam menghadapi tantangan dan peluang di era digital. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Universitas Waikato Membuka Pintu untuk Pelajar Fintech

Universitas Waikato telah merespon permintaan yang meningkat untuk spesialis fintech dengan meluncurkan program sarjana baru.

Matt Bolger, pro vice-chancellor Sekolah Manajemen Waikato, menekankan bahwa “dunia keuangan berjalan di atas teknologi digital.” Dengan kata lain, tidak ada yang bisa berjalan tanpa digital.

Program BBFinTech, yang telah dikembangkan selama dua tahun, dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang perbankan terbuka dan mata uang digital. Bolger menunjukkan bahwa sektor ini memiliki potensi pertumbuhan yang besar, yang berarti program ini dapat membuka jalan bagi peluang kerja yang menguntungkan di industri fintech.

Baca Juga: Universitas Nicosia Buka Pintu ke Metaverse, Program Master Baru untuk Era Digital!

Bisnis Fintech Sedang Berkembang Pesat

bisnis fintech 2021
Studi tahun 2021 menunjukkan 80% pekerjaan di bidang fintech adalah pekerjaan di perusahaan teknologi. Sumber: CFTE

Sementara itu, Otoritas Moneter Singapura (MAS) berinvestasi sekitar $112 juta selama tiga tahun dalam Skema Teknologi dan Inovasi Sektor Keuangan (FSTI). Komitmen ini akan mendanai proyek-proyek keuangan yang inovatif, termasuk solusi Web3, yang semakin mengukuhkan posisi Singapura sebagai pusat teknologi global.

Ravi Menon, Direktur Manajemen MAS, menyoroti upaya terus menerus Singapura untuk mendorong inovasi. Menon mengatakan, “Sejak 2015, Dana Pengembangan Sektor Keuangan (FSDF) telah memberikan $340 juta sebagai bagian dari program FSTI untuk mendorong adopsi teknologi dan inovasi di sektor keuangan,” dikutip dari BeInCrypto, Sabtu (21/10/2023).

Secara keseluruhan, program BBFinTech Universitas Waikato dan investasi MAS dalam inovasi fintech menunjukkan pentingnya mata uang digital dan fintech dalam ekonomi global. Kedua inisiatif ini mencerminkan pengakuan yang semakin meningkat akan kebutuhan akan keahlian di bidang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: