Universitas Hong Kong Integrasikan AI ke dalam Pengajaran dan Pembelajaran

author:

Universitas Hong Kong Integrasikan AI ke dalam Pengajaran dan Pembelajaran

Universitas Hong Kong (HKU) telah mengumumkan integrasi alat-alat AI ke dalam lingkungan pengajaran dan pembelajaran mulai tahun akademik 2023-24. Mulai September, siswa akan dapat menggunakan alat kecerdasan buatan, seperti ChatGPT dan Dall-E, dalam studi mereka, dengan batasan tertentu.

Integrasi AI ke dalam Pengajaran dan Pembelajaran

HKU telah mulai memberikan akses gratis ke OpenAI dan alat AI generatif lainnya kepada para pengajarnya. Mulai semester mendatang, alat GenAI terpilih akan tersedia tanpa biaya untuk semua pendidik dan siswa untuk upaya pengajaran dan pembelajaran mereka. Untuk memastikan penggunaan AI yang mahir, universitas akan menyediakan pelatihan, kursus online, dan sumber daya tambahan.

Baca juga: Hadirkan Guru Digital Pertama di Dunia, OIAI Membuka Era Baru dalam Pendidikan!

“HKU merangkul GenAI dan mengakui literasi AI sebagai hal yang penting untuk pengajaran dan pembelajaran. Tujuan kami adalah untuk memungkinkan para guru dan siswa kami menjadi tidak hanya melek AI tetapi juga pemimpin dalam memanfaatkan potensi besar GenAI untuk kepentingan umat manusia,” kata Profesor Holliday, yang kini akan memimpin Komite Penasihat Pengguna GenAI.

Kebijakan baru ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dengan AI dengan memberikan petunjuk kepada guru tentang cara merancang aktivitas T&L yang kreatif, menarik, dan inovatif, serta mempromosikan pemikiran analitis, keterampilan penelitian kritis dan melayani kebutuhan dan minat individu.

Mengatasi Tantangan GenAI dalam Penilaian Siswa

Menurut HKU, untuk mengatasi tantangan GenAI dalam penilaian siswa, guru harus berkomunikasi tentang harapan dan membimbing siswa tentang mendeklarasikan dan mengutip alat GenAI yang digunakan dalam kursus. Selain itu, mereka harus mendorong metode penilaian alternatif, mendorong siswa untuk menggabungkan alat GenAI dalam pekerjaan yang mereka kirimkan, seperti berpartisipasi dalam ujian bebas perangkat, melakukan ujian lisan, terlibat dalam pekerjaan kelas langsung seperti demonstrasi dan presentasi, dan berpartisipasi dalam penilaian teman sebaya siswa.

Untuk mendukung siswa dan staf yang membutuhkan bantuan AI, HKU menyediakan beberapa sumber daya yang berguna, seperti Klinik AI, situs web AI dalam Pendidikan, dan modul online mandiri selama lima minggu. Sumber daya ini dapat membantu mereka belajar dan menerapkan AI dengan bertanggung jawab.

“Dengan meningkatkan keterlibatan kritis dengan GenAI, kami bertujuan untuk meningkatkan pengajaran dan pembelajaran di Universitas ke tingkat keunggulan akademik yang baru,” kata Profesor Holliday.

Selain itu, HKU telah mendapatkan dana sebesar HK$15,7 juta dari Dana Baru untuk Teknologi Inovatif dalam Pendidikan (FITE). Pendanaan ini akan memungkinkan teknologi GenAI digunakan lebih efektif dalam berbagai disiplin ilmu.

Baca juga: Laporan Terbaru Goldman Sachs, Investasi AI Bisa Mencapai $200 Miliar di Tahun 2025!

Masa Depan AI dalam Pendidikan di HKU

universitas hong kong integrasikan ai untuk belajar
Sumber: CCSG

Meski menghadapi tantangan, HKU tetap optimis tentang masa depan AI dalam pendidikan. Dengan peningkatan integrasi dan penggunaan AI dalam pengajaran dan pembelajaran, HKU dapat menemukan cara untuk memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan pendidikan.

Misalnya, dengan peningkatan transparansi dan pengembangan teknologi, HKU dapat menunjukkan kepada siswa bahwa itu adalah institusi yang sah dan dapat dipercaya. Ini termasuk memberikan jaminan lebih kuat tentang keamanan dan keandalan platform dan menjaga komunikasi yang baik dengan siswa dan staf.

Paragraf 3: Namun, untuk mencapai ini, HKU perlu terus beradaptasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan yang ada. Ini termasuk menghadapi dan mengatasi tantangan yang mungkin terjadi dalam ekosistem AI pendidikannya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: