Wow, Universitas Glasgow Rilis Proyek Metaverse Senilai Rp98 Miliar!

Wow, Universitas Glasgow Rilis Proyek Metaverse Senilai Rp98 Miliar!

Universitas Glasgow baru saja memperkenalkan proyek “Museum di Metaverse” yang didukung oleh pemerintah Inggris dengan dana sebesar £5,6 juta atau sekitar Rp98 miliar. Proyek ini memungkinkan kamu untuk menjelajahi berbagai pengalaman, termasuk objek koleksi yang dipindai dalam 3D di XR dan VR. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menjelajahi Museum di Metaverse

Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Fakultas Seni & Humaniora Universitas Glasgow, platform pembelajaran Edify, Historic Environment Scotland, dan National Museums Scotland. Dengan platform ini, baik pencipta profesional maupun amatir dapat menjadi pencipta virtual yang membangun lingkungan virtual dan realitas campuran yang mencakup objek yang dipindai dalam 3D dari koleksi.

Profesor Neil McDonnell, yang memimpin proyek ini, mengatakan bahwa platform ini dapat digunakan untuk menampilkan lebih dari 90% objek dalam koleksi yang tidak dapat dilihat karena berada di gudang. “Museum di Metaverse dapat membantu membebaskan koleksi ini dan akan memungkinkan museum untuk terhubung dengan audiens mereka dengan cara-cara baru dan menarik,” tambah McDonnell.

Baca Juga: Upland Membawa Spark ke Ethereum! Apa Dampaknya bagi Metaverse Upland?

Interaksi dengan Relik Kuno di Metaverse

relik kuno metaverse
Sumber: Digit

Platform ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan relik kuno dalam pengalaman realitas virtual dan diperpanjang. Produk ini hanya dapat dilihat di balik dinding kaca dalam kehidupan nyata.

Menurut McDonnell, “Museum di Metaverse akan memungkinkan siapa saja untuk membuat museum virtual mereka sendiri dan menceritakan cerita mereka sendiri dengan objek dari seluruh dunia.”

Baca Juga: Widih! Pasar Metaverse Diprediksi akan Mencapai $4 Triliun pada tahun 2032

Menyongsong Masa Depan Museum Digital

Chanté St Clair Inglis, Kepala Layanan Koleksi di National Museums Scotland, mengatakan bahwa organisasi ini berkomitmen untuk menampilkan koleksinya secara fisik dan digital, dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

“Museum di Metaverse menawarkan kemungkinan yang menarik untuk keterlibatan luas dengan koleksi kami, dengan XR menawarkan peluang yang kaya baik untuk jenis keterlibatan publik baru serta potensi kerja penelitian kolaboratif dengan orang lain di sektor kami baik di Skotlandia maupun internasional,” kata Inglis.

Kesimpulan

Dengan dukungan dana sebesar £5.6 juta dari pemerintah Inggris, proyek ini diharapkan dapat membantu Universitas Glasgow membangun reputasinya dalam penelitian realitas diperpanjang, sekaligus meningkatkan peluang bagi pelajar dan kurator serta mempromosikan inovasi dan budaya Inggris di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: