Uniswap v4: Siap Meluncur di Q3 2024 dengan Fitur Hooks!

Uniswap v4: Siap Meluncur di Q3 2024 dengan Fitur Hooks!

Uniswap Foundation, organisasi yang mendukung protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) Uniswap, telah mengumumkan tanggal peluncuran v4 protokol tersebut. Peluncuran ini akan dilakukan setelah peningkatan Dencun Ethereum yang akan datang.

Melalui unggahan di blog resmi mereka, yayasan tersebut membagikan peta jalan yang berisi rencana peluncuran baru. Organisasi tersebut menyoroti bahwa saat ini, mereka berada dalam fase “Code Freeze”, di mana mereka melakukan penyelesaian kode inti, pengujian, optimasi gas, peningkatan keamanan, dan finalisasi pinggiran. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peluncuran Uniswap v4 Ditargetkan pada Q3 2024

Dengan telah dijadwalkannya peluncuran Dencun di Mainnet pada Maret 2024, Uniswap Foundation dengan senang hati memberikan pembaruan kepada komunitas! Peluncuran Uniswap v4 secara tentatif ditetapkan pada Q3 2024.

Setelah ini, tim Uniswap Foundation akan mengandalkan perusahaan audit dan kontes audit komunitas untuk memeriksa kode v4. Tim percaya bahwa Uniswap v4 harus menjadi “kode yang diaudit paling ketat yang pernah digunakan di Ethereum.” Secara bersamaan, bursa terdesentralisasi akan digunakan ke testnet saat tim melakukan penyesuaian akhir.

peluncuran uniswap v4
Sumber: Akun X Uniswap Foundation

Menurut Uniswap Foundation, fase ketiga mendorong Uniswap v4 ke Ethereum mainnet pada kuartal ketiga tahun 2024. Organisasi tersebut menyoroti bahwa ini adalah tanggal tentatif, tergantung pada status peningkatan Dencun yang akan datang di Ethereum. Seperti yang dilaporkan Cointelegraph sebelumnya, peningkatan Dencun jaringan Ethereum diaktifkan di testnet Goerli pada 17 Januari. Peningkatan ini memperkenalkan beberapa Ethereum Improvement Proposals (EIP), seperti EIP-4844, yang memungkinkan proto-danksharding, fitur yang ditujukan untuk mengurangi biaya transaksi layer2.

Baca Juga: Kode Uniswap V4 Diluncurkan, Siap Guncang Dunia DeFi dengan Kolam Likuiditas Baru?

Uniswap v4: Memperkenalkan “Hooks”

Salah satu fitur utama yang akan diterapkan setelah Uniswap v4 digunakan adalah konsep hooks. Hooks memungkinkan injeksi logika khusus pada titik yang ditentukan secara khusus untuk kumpulan, swap, biaya, dan posisi LP lainnya. Mereka juga memungkinkan penyesuaian dinamis dan membuka lebih banyak kasus penggunaan untuk kontrak pintar. Konsep Hooks diperkenalkan pada Juni 2023, ketika Uniswap Foundation pertama kali memamerkan draf untuk v4.

Pengembang juga mengungkapkan bahwa Uniswap v4 selaras dengan peningkatan Dencun Ethereum, khususnya dengan EIP-1153. EIP-1153 memungkinkan penyimpanan sementara, fungsionalitas yang memungkinkan pengembang membangun pengoptimalan untuk kontrak pintar dan mengurangi biaya gas melalui metode yang disebut akuntansi flash. Uniswap telah menyatakan bahwa basis kode v4 akan menjalani proses audit yang ekstensif dan ketat untuk menjadikannya “kode yang diaudit paling ketat yang pernah digunakan di Ethereum.”

Baca Juga: Uniswap Kucurkan Dana $300 Ribu untuk Pengembangan v4!

Roadmap Peluncuran Uniswap v4

Peta jalan peluncuran menyoroti tiga fase utama menjelang peluncuran. Fase 1 saat ini sedang berlangsung, terdiri dari penyelesaian kode inti, pengujian, optimasi gas, peningkatan keamanan, dan finalisasi pinggiran.

Fase 2 akan melihat audit menyeluruh dari basis kode yang dilakukan oleh beberapa perusahaan audit dan kontes audit komoditas. Fase ini juga akan melihat v4 digunakan di testnet, dengan penyesuaian akhir yang dilakukan pada kode. Fase 3 akan melihat v4 didorong ke mainnet.

Kesimpulan

Peluncuran Uniswap v4 yang akan datang sangat dinantikan oleh komunitas DeFi. Dengan diperkenalkannya fitur-fitur baru seperti hooks dan akuntansi flash, v4 menjanjikan peningkatan efisiensi, fleksibilitas, dan keamanan. Peluncuran ini juga akan semakin memperkuat posisi Uniswap sebagai salah satu bursa terdesentralisasi terkemuka di dunia. Dengan dukungan komunitas yang kuat dan tim pengembangan yang berpengalaman, Uniswap v4 siap membawa DeFi ke tingkat berikutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi