Uniswap v4 dan Fitur KYC Baru: Kontroversi atau Kemajuan?

author:

Uniswap v4 dan Fitur KYC Baru: Kontroversi atau Kemajuan?

Fitur terbaru Uniswap v4, yaitu hook KYC, telah memicu perdebatan panas di dunia crypto. Apakah ini langkah maju atau justru membuka pintu bagi regulasi yang lebih ketat?

Inti Kontroversi

kode uniswap v4 diluncurkan
Sumber: Coin68

Hook adalah mekanisme digital yang memungkinkan pengembang untuk mempersonalisasi kode tanpa mengubah struktur inti. Dalam ekosistem Uniswap V4 yang terus berkembang, hook inovatif ini memperkenalkan verifikasi Know Your Customer (KYC) langsung dalam protokol keuangan desentralisasi.

Bank dan lembaga keuangan biasanya menggunakan proses KYC untuk memvalidasi identitas pelanggan, dengan tujuan utama untuk mencegah potensi pencucian uang dan pendanaan teroris.

Namun, langkah ini tampaknya menantang esensi desentralisasi, yang menjadi pilar bagi penggemar crypto: anonimitas dan kebebasan dari penjaga gerbang keuangan tradisional.

Baca juga: Dominasi Uniswap di Polygon: Volume dan TVL Melonjak Melebihi Ambang Batas $1 Miliar!

Perpecahan Komunitas: Fungsional atau Jebakan Regulasi?

Penting untuk diakui bahwa hook KYC ini, yang dibuat oleh pengembang komunitas proaktif di direktori Uniswap V4, berfungsi sebagai fitur opt-in. Proses verifikasi ini memanfaatkan token nonfungible (NFT), menunjukkan sejauh mana NFT telah meresap ke dalam berbagai aplikasi.

Beberapa anggota komunitas menyoroti kegunaan praktis dari hook ini, terutama untuk proyek yang harus mematuhi regulasi tertentu. Bagi mereka, ini mungkin jembatan sempurna antara kepatuhan regulasi dan operasi desentralisasi, bukan penyerahan kepada pengawasan terpusat.

Secara keseluruhan, Uniswap telah membuat langkah yang lebih dari sekadar peningkatan teknologi; ini adalah refleksi jelas dari pertarungan yang semakin intens antara etos inti crypto dan bayangan regulasi global yang mengancam.

Komunitas DeFi sekarang berada di persimpangan jalan, mempertimbangkan jalan yang terbaik untuk mempertahankan prinsip-prinsip dasar desentralisasi, sambil mengarungi air keruh tata kelola global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: