Uni Eropa Luncurkan Inisiatif Superkomputer untuk Startup AI: Langkah Besar Menuju Tata Kelola AI!

Uni Eropa Luncurkan Inisiatif Superkomputer untuk Startup AI: Langkah Besar Menuju Tata Kelola AI!

Dalam upaya meningkatkan inovasi dan tata kelola dalam bidang kecerdasan buatan (AI), Uni Eropa telah mengumumkan rencana untuk memberikan akses kepada startup untuk menggunakan superkomputer berkinerja tinggi miliknya.

Pengumuman ini datang sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memastikan bahwa pengembangan AI dilakukan dengan cara yang bertanggung jawab dan sesuai dengan nilai-nilai Eropa. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Superkomputer EU dan Tata Kelola AI

superkomputer uni eropa
Sumber: Akun Twitter Vonderleyen

Menurut Cointelegraph, Uni Eropa telah menunjukkan komitmennya untuk memimpin dalam bidang tata kelola AI dengan berbagai inisiatif, termasuk AI Act yang sedang dalam proses negosiasi.

Sebagai bagian dari strategi ini, EU berencana memberikan akses kepada startup AI ke superkomputer berkinerja tinggi yang dimilikinya, memungkinkan mereka untuk melatih model AI dengan lebih cepat dan efisien.

Dengan delapan superkomputer yang tersebar di seluruh Eropa, termasuk tiga dari lima superkomputer terkuat di dunia, EU berada di garis depan inovasi komputasi.

Baca Juga: Nvidia Pamerkan Superkomputer AI, Revolusi Industri Game di Ambang Pintu!

Mendorong Inovasi yang Bertanggung Jawab

Presiden EU, Ursula von der Leyen, menekankan pentingnya memandu inovasi AI dengan cara yang bertanggung jawab, mengakui potensi risiko yang dapat ditimbulkan oleh teknologi ini.

Dalam pidatonya, von der Leyen menyoroti kebutuhan untuk kerangka kerja global baru untuk AI, yang dibangun di atas tiga pilar: pengawasan, tata kelola, dan panduan inovasi.

Dia juga menekankan pentingnya dialog terbuka dengan semua pemangku kepentingan, termasuk perusahaan teknologi besar, startup, dan masyarakat sipil, untuk memastikan bahwa AI dikembangkan dengan cara yang aman dan etis.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Berkolaborasi dengan Dell dan Intel untuk Uji Coba Energi Fusi di Metaverse!

Selain memberikan akses ke sumber daya komputasi, EU juga berencana meningkatkan dialog tentang tata kelola AI melalui European AI Alliance Assembly.

Aliansi ini, yang diluncurkan pada tahun 2018, bertujuan untuk memfasilitasi diskusi kebijakan terbuka tentang AI dan telah membantu membentuk kebijakan EU di bidang ini.

Dengan mengumpulkan berbagai pemangku kepentingan, dari perusahaan teknologi hingga ahli akademik, EU berharap untuk mempromosikan pendekatan yang lebih inklusif dan holistik terhadap tata kelola AI.

Inisiatif Uni Eropa untuk mendukung startup AI dengan akses ke superkomputer menunjukkan komitmen serius untuk memastikan bahwa AI dikembangkan dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Dengan kombinasi sumber daya teknologi dan dialog terbuka, EU berada di jalur yang benar untuk memimpin dunia dalam inovasi AI yang etis dan bertanggung jawab.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

    Referensi: