Blockchain Bitcoin: Apakah Ukurannya Telah Mencapai Batas? Ini Dia Masa Depan Bitcoin!

Blockchain Bitcoin: Apakah Ukurannya Telah Mencapai Batas? Ini Dia Masa Depan Bitcoin!

Ukuran blockchain Bitcoin [BTC] telah meningkat secara substansial sejak demam Ordinals mengambil alih jaringan pada awal 2023.

Seiring dengan lonjakan jumlah inskripsi Ordinals, yang menyentuh 12 juta saat penulisan, ada kekhawatiran bahwa ukuran blockchain BTC akan tumbuh sampai pada titik di mana akan sulit bagi operator node penuh baru untuk menyimpan salinan buku besar.

Lalu seperti apakah masa depan Bitcoin?

Ukuran Blockchain Bitcoin Jauh dari Prediksi

Menurut perusahaan analisis on-chain, Glassnode, ukuran blockchain pada 16 Juni 2023 adalah 488,9 GB dengan ukuran blok rata-rata 1,89 MB.

Baca Juga: Bitcoin Ordinals Diyakini Berdampak Baik untuk BTC, Apa Alasannya?

Angka ini jauh lebih rendah dari beberapa proyeksi sebelumnya yang dibuat dari 525 GB dan 500 GB.

Jumlah Transaksi Turun dari Puncak

https://statics.ambcrypto.com/wp-content/uploads/2023/06/glassnode-studio_btc-transaction-count-btc-fees-total-1.png
Glassnode

Lalu lintas jaringan BTC telah menurun secara signifikan sejak lonjakan transaksi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada awal Mei 2023.

Dampak gabungan dari penurunan volatilitas dan FUD seputar bursa terpusat mungkin telah berkontribusi terhadap penurunan ini.

Baca Juga: Pendirinya Mundur, Inskripsi Bitcoin Ordinals Melampaui 10 Juta!

Sebagaimana terlihat pada grafik, jumlah transaksi, dan biaya yang dibayarkan untuk memvalidasi transaksi ini, telah menurun dari rekor tertinggi sepanjang masa atau All Time High (ATH).

Namun, lalu lintas tetap lebih tinggi dari bear market 2022 dan sebanding dengan level yang dialami selama Juni 2021.

BTC naik ke level tertinggi 10 hari sebesar $26,702.37 pada saat penulisan, mencatat kenaikan 24 jam sebesar 4,47%, menurut CoinMarkerCap.

“Raja koin” ini telah membuat beberapa kemajuan selama minggu terakhir, membiarkan FUD yang dipicu oleh tindakan regulator AS.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: