Ukraina Luncurkan Roadmap Regulasi AI untuk Dorong Inovasi dan Melindungi HAM

author:

Ukraina Luncurkan Roadmap Regulasi AI untuk Dorong Inovasi dan Melindungi HAM

Ukraina telah melangkah maju dalam mengatur bidang kecerdasan buatan (AI) yang berkembang pesat dengan merilis roadmap regulasi AI yang komprehensif. Roadmap ini dirancang untuk memberikan kerangka kerja yang jelas untuk pengembangan AI, pertumbuhan bisnis, dan perlindungan hak asasi manusia dalam ekosistem AI.

Strategi Bottom-Up: Pendekatan Unik Ukraina

Regulasi Crypto di Ukraina
Sumber: Freepik

Peta jalan yang dikembangkan oleh Kementerian Transformasi Digital Ukraina berakar pada pendekatan bottom-up, dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kekhawatiran berbagai pemangku kepentingan dalam ekosistem AI.

Baca juga: Uni Eropa Siapkan Regulasi Ketat Baru untuk Model AI Besar, Apakah Startup Terancam?

Pendekatan ini menyarankan untuk bergerak dari kurang ke lebih, dan akan memberikan bisnis dengan alat untuk mempersiapkan persyaratan masa depan sebelum mengadopsi hukum apa pun. Peta jalan ini menetapkan periode awal untuk memungkinkan perusahaan beradaptasi dengan hukum potensial dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Rancangan undang-undang AI Ukraina, menurut peta jalan, diharapkan pada tahun 2024, tetapi tidak lebih cepat dari Undang-Undang AI Uni Eropa untuk memungkinkan hukum nasional memperhitungkannya.

Menyelaraskan dengan Standar Eropa: Langkah Strategis Ukraina

uni eropa superkomputer ai

Fase kedua dari peta jalan melibatkan adopsi hukum AI yang komprehensif mirip dengan Undang-Undang AI Eropa. Langkah strategis ini diharapkan dapat membawa Ukraina sejajar dengan rezim hukum Uni Eropa (UE) terkait kecerdasan buatan.

Dengan mengadopsi undang-undang yang mirip dengan Undang-Undang AI Eropa, Ukraina bertujuan untuk menciptakan rezim hukum yang identik dengan UE dalam bidang kecerdasan buatan.

Penyelarasan ini akan mempermudah kerja sama dengan mitra Eropa, mendorong kolaborasi dan sinergi dalam pengembangan dan regulasi AI.

Baca juga: Microsoft Siap Meluncurkan Chip AI Pertama untuk Mengatasi Krisis GPU!

Peta jalan regulasi AI Ukraina menandai tonggak penting dalam perjalanan negara tersebut menuju menjadi kekuatan AI global. Dengan mengadopsi pendekatan bottom-up, Ukraina siap untuk menyeimbangkan kebutuhan bisnis, perlindungan hak asasi manusia, dan penyelarasan dengan standar internasional.

Dalam beberapa tahun mendatang, seiring Ukraina semakin dekat dengan adopsi undang-undang AI yang mencerminkan standar UE, negara ini siap untuk menarik investasi global dan meningkatkan statusnya dalam komunitas AI internasional.

Seiring AI terus membentuk masa depan, sikap proaktif Ukraina terhadap regulasi menunjukkan komitmennya terhadap pengembangan AI yang bertanggung jawab dan berpikiran maju.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: