Kemajuan Signifikan di Sektor Fintech Afrika: Ukheshe Mengambil Alih EFTCorp!

Kemajuan Signifikan di Sektor Fintech Afrika: Ukheshe Mengambil Alih EFTCorp!

Sebuah kemajuan penting telah terjadi di sektor fintech Afrika dengan pengambilalihan EFT Corporation Limited (EFTCorp) oleh Ukheshe International. Akuisisi ini merupakan langkah penting yang membuka babak baru dalam dunia layanan keuangan digital, berpotensi merombak sistem transaksi yang ada. Berikut adalah rincian lengkap tentang akuisisi yang telah menarik perhatian pasar keuangan!

Sinergi Dua Gigantara Fintech

Sejak didirikan pada tahun 2018, Ukheshe Technologies telah mengambil langkah signifikan dengan mengakuisisi EFTCorp, perusahaan yang telah beroperasi di bidang pembayaran digital selama lebih dari dua dekade. Akuisisi ini terjadi setelah Ukheshe menutup putaran pendanaan Seri A di akhir tahun 2022, yang bertujuan untuk memperluas jangkauan internasionalnya.

Dengan pengalaman EFTCorp yang telah melayani sekitar 35 pasar di Afrika dan bekerja sama dengan lebih dari 100 bank, Ukheshe kini bersiap untuk memperluas pengaruhnya lebih jauh.

EFTCorp memiliki keahlian dalam teknologi pemrosesan pembayaran dan manajemen transaksi, sementara Ukheshe membawa keahlian dalam dompet digital, proses pendaftaran digital, KYC, dan berbagai metode pembayaran. Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi klien EFTCorp yang telah bergantung pada sistem pembayaran elektronik yang solid.

Baca Juga: Web3 di Afrika: Antara Harapan dan Hambatan Regulasi yang Mengintai

Strategi Perluasan dan Inovasi

regulasi web3 afrika
Generated by AI

Melalui akuisisi ini, Ukheshe tidak hanya memperkokoh posisinya di pasar Afrika, tetapi juga menunjukkan kemajuan dalam strategi digitalisasi EFTCorp. CEO EFTCorp, Stephen Enderby, mengungkapkan bahwa kolaborasi dengan Ukheshe akan mendorong pertumbuhan dan pengembangan strategi digital perusahaannya.

Kedua perusahaan akan tetap beroperasi secara independen dengan mempertahankan identitas merek mereka masing-masing. Di tahun 2023, Ukheshe telah melakukan pembaruan merek Masterpass yang sebelumnya diakuisisi menjadi Scan to Pay, yang memperluas penggunaan transaksi kode QR di kawasan tersebut.

Platform Scan to Pay kini juga mendukung pembayaran dengan crypto. Selain itu, Ukheshe juga telah memperkenalkan solusi pembayaran Tap-to-Pay yang memungkinkan pedagang dan penyedia layanan untuk menerima pembayaran hanya dengan mengetuk smartphone.

Baca Juga: Kendala Regulasi yang Menghambat Kemajuan Web3 di Afrika, Ini yang Terjadi!

Pasar Digital dengan Prospek Menjanjikan

Diperkirakan bahwa pasar pembayaran digital di Afrika Selatan akan mencapai nilai $21,81 miliar pada tahun 2024 dan meningkat menjadi $32,06 miliar pada tahun 2027. Dengan akuisisi ini, Ukheshe dan EFTCorp berada dalam posisi yang strategis untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekosistem pembayaran digital yang sedang berkembang.

Kemitraan ini juga menjamin bahwa klien EFTCorp akan terus terhubung dengan merek yang mereka percayai sambil menikmati berbagai layanan digital terbaru. Ukheshe juga telah menjalin kerjasama dengan Diamond Trust Bank (DTB) pada Agustus 2023 untuk menyediakan platform Banking-as-a-service (BaaS) di Afrika Timur. Inisiatif-inisiatif ini menunjukkan dedikasi Ukheshe untuk terus berinovasi dan memperluas layanannya di pasar yang dinamis.

Kesimpulan

Pengambilalihan EFTCorp oleh Ukheshe merupakan tonggak penting dalam perkembangan fintech di Afrika. Dengan menggabungkan keahlian dan inovasi dari kedua perusahaan, prospek layanan keuangan digital di benua ini semakin cerah. Pelanggan layanan keuangan di Afrika dapat mengharapkan pengalaman transaksi yang lebih mulus, aman, dan penuh inovasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi