Terobosan Baru UK: Pasir Kreatif untuk Sekuritas Digital!

Terobosan Baru UK: Pasir Kreatif untuk Sekuritas Digital!

Inggris baru saja meluncurkan sebuah langkah revolusioner dalam dunia keuangan dengan memperkenalkan kerangka kerja regulasi untuk sekuritas digital. Inisiatif ini tidak hanya membuka peluang bagi inovasi, tetapi juga menandai era baru dalam pengawasan keuangan yang lebih adaptif dan progresif. Simak berita lengkapnya berikut ini!

UK Memperkenalkan Sandbox Regulasi

regulasi crypto FCA
Sumber: PYMNTS

Pemerintah Inggris telah mengumumkan penerapan “Financial Services and Markets Act 2023”, yang mencakup pembentukan sandbox regulasi untuk sekuritas digital. Sandbox ini memungkinkan perusahaan untuk menguji solusi inovatif dalam pengawasan regulator, termasuk teknologi ledger terdistribusi dan tokenisasi sekuritas.

Regulasi ini dijadwalkan akan berlaku mulai 8 Januari 2024, menandai langkah besar dalam pengaturan sektor keuangan digital. Kerjasama antara Bank of England dan Financial Conduct Authority (FCA) akan menjadi kunci dalam mengawasi sandbox ini.

Dengan adanya kerangka kerja ini, UK menunjukkan komitmennya untuk mendukung inovasi sekaligus memastikan keamanan dan kestabilan pasar keuangan. Sandbox ini diharapkan dapat menjadi laboratorium bagi pengembangan solusi keuangan masa depan yang lebih efisien dan inklusif.

Baca Juga: Sandbox Gandeng Ledger Enterprise untuk Mengamankan Bisnis Metaverse

Global Tren Sandbox Digital

Tidak hanya di Inggris, konsep sandbox regulasi untuk aset digital juga mulai diadopsi oleh berbagai negara di dunia. Dari Brasil hingga Uni Eropa, berbagai yurisdiksi telah mengusulkan kerangka kerja serupa untuk mengeksplorasi kasus penggunaan tokenisasi.

Di Amerika Serikat, beberapa pejabat dari badan regulasi keuangan seperti SEC dan Commodity Futures Trading Commission juga mendukung pembentukan sandbox yang serupa. Inisiatif global ini menunjukkan bahwa ada kebutuhan untuk memahami dan mengatur aset digital dengan cara yang inovatif.

UK, dengan langkahnya ini, berada di garis depan dalam mengadopsi pendekatan regulasi yang memungkinkan eksplorasi teknologi keuangan baru. Hal ini mencerminkan komitmen bersama untuk menavigasi lanskap aset digital yang terus berkembang.

Baca Juga: Buat Gebrakan Baru, Paris Hilton Luncurkan Avatar Ikoniknya di The Sandbox

Manfaat Sandbox bagi Inovasi Keuangan

uu crypto baru inggris
Created by DALL-E 3

Sandbox regulasi yang diperkenalkan oleh UK menawarkan lingkungan yang terkontrol bagi perusahaan untuk bereksperimen dengan solusi keuangan inovatif. Hal ini memungkinkan regulator untuk memahami dan menyesuaikan peraturan yang ada agar tidak menghambat kemajuan teknologi.

Dengan demikian, perusahaan yang berpartisipasi dalam Digital Securities Sandbox (DSS) akan mendapatkan keleluasaan untuk menguji teknologi baru tanpa terhalang oleh regulasi yang kaku. Inisiatif ini juga mencerminkan pendekatan proaktif regulator UK dalam memahami dan mengatur lanskap tokenisasi aset yang semakin populer di kalangan institusi keuangan global.

Dengan menyediakan lapangan uji coba yang terkontrol, DSS memfasilitasi inovasi dan bertujuan untuk memberdayakan regulator dalam mengadopsi aturan yang responsif terhadap teknologi yang muncul.

Kerangka kerja regulasi baru ini menandai babak baru dalam sejarah keuangan digital di Inggris. Dengan menggabungkan inovasi dan pengawasan yang efektif, UK siap memimpin transformasi global dalam pengaturan aset digital. Ini adalah langkah maju yang menjanjikan bagi semua pihak yang terlibat dalam ekosistem keuangan digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: