People’s Bank China Menguji Integrasi Pembayaran Yuan Digital di Hong Kong!

author:

People’s Bank China Menguji Integrasi Pembayaran Yuan Digital di Hong Kong!

PBC (People’s Bank of China) atau Bank Rakyat China dan HKMA (Hong Kong Monetary Authority) saat ini berada dalam fase kedua pengujian teknis penggunaan Yuan Digital untuk pembayaran lintas batas.

Uji coba ini melibatkan lebih banyak bank di Hong Kong dan penggunaan Sistem Pembayaran Cepat untuk mengisi ulang dompet Yuan Digital.

Kolaborasi Penting untuk Mudahkan Akses

ujicoba yuan digital oleh bank china
Sumber: Digichina

Christopher Hui Ching-yu, Sekretaris Layanan Keuangan dan Perbendaharaan HKSAR, menekankan pentingnya kolaborasi fintech lintas batas untuk memudahkan akses e-payment antara daratan China dan Hong Kong.

Baca juga: Revolusi Pembayaran Digital, ‘Super SIM’ China Kini Berfungsi sebagai Dompet Yuan Digital!

Hui menyatakan bahwa Yuan Digital akan menawarkan metode pembayaran tambahan yang aman, nyaman, dan inovatif untuk konsumsi ritel lintas batas bagi penduduk kedua tempat. Hal ini diharapkan meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna dalam layanan pembayaran lintas batas.

Selain itu, Octopus Cards Limited (OCL), platform e-payment terkemuka di Hong Kong, dan Bank of China di Hong Kong sedang menjajaki skenario aplikasi Yuan Digital baru.

Potensi dan Dampak Ekonomi

Penggunaan Yuan Digital di Hong Kong tidak hanya memperkuat posisi Hong Kong sebagai pusat keuangan internasional, tetapi juga berkontribusi pada internasionalisasi Yuan. Wang Peng, peneliti asosiasi di Beijing Academy of Social Sciences, menyoroti bahwa Hong Kong, sebagai salah satu ekonomi paling bebas di dunia dengan pasar keuangan yang matang dan sistem regulasi, menyediakan lingkungan yang baik untuk aplikasi Yuan Digital.

Dengan internasionalisasi Yuan, posisi Hong Kong sebagai pasar Yuan luar negeri akan menjadi lebih penting. Pasar luar negeri ini merupakan kunci dalam proses internasionalisasi Yuan, menyediakan lebih banyak produk dan layanan keuangan yang denominasi Yuan untuk investor global. Ini akan menarik lebih banyak perusahaan dan investor internasional untuk menggunakan Yuan dalam transaksi lintas batas, membawa lebih banyak vitalitas dan peluang ke pasar keuangan Hong Kong.

Baca juga: Bank Crypto Swiss SEBA Kini Resmi Beroperasi di Hong Kong!

Masa Depan Yuan Digital dan Hong Kong

Pengujian integrasi Yuan Digital di Hong Kong menandai langkah penting dalam integrasi ekonomi dan keuangan Hong Kong ke dalam pembangunan nasional China. John Lee Ka-chiu, Kepala Eksekutif HKSAR, menekankan bahwa Hong Kong akan terus memanfaatkan kekuatannya dengan aktif menarik bakat dan memperluas jaringan ekonomi dan perdagangannya.

Sambil mempertahankan tingkat internasionalisasi yang tinggi, HKSAR akan mengambil peran lebih proaktif dalam mengintegrasikan diri ke dalam pembangunan keseluruhan negara, berkontribusi pada strategi nasional seperti pembangunan Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area dan Belt and Road Initiative (BRI).

Secara keseluruhan, integrasi Yuan Digital di Hong Kong bukan hanya langkah maju dalam teknologi pembayaran, tetapi juga simbol kerjasama ekonomi yang lebih erat antara China dan Hong Kong. Ini membuka jalan bagi masa depan yang lebih terintegrasi dan efisien dalam transaksi lintas batas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi