Komite Treasury House of Commons Lakukan Uji Coba CBDC Inggris, Gimana Hasilnya?

Komite Treasury House of Commons Lakukan Uji Coba CBDC Inggris, Gimana Hasilnya?

Apakah Inggris akan meluncurkan mata uang digitalnya sendiri? Komite parlemen di House of Commons menyerukan Bank of England dan Treasury untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Mereka ingin memastikan apakah keuntungan yang diperoleh sepadan dengan risiko dan investasi yang besar. Kini, pertanyaan besar yang menggantung adalah: apakah mata uang digital ini akan menjadi solusi atau malah menambah masalah baru?

Keraguan atas Manfaat vs Risiko

Komite Treasury House of Commons telah mengeluarkan laporan yang menyoroti keraguan terhadap peluncuran mata uang digital resmi Inggris. Mereka menekankan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk uji coba dan persiapan peluncuran mata uang digital atau CBDC ini tidaklah murah. Komite ini menyarankan agar Bank of England dan Treasury lebih transparan mengenai biaya yang dikeluarkan dengan menyajikannya sebagai item terpisah dalam laporan tahunan mulai tahun 2024.

Dalam uji coba yang telah dilakukan, terdapat beberapa manfaat yang terlihat, seperti dalam hal penerbitan, distribusi, dan privasi. Namun, komite ini mengungkapkan kekhawatiran bahwa peluncuran resmi akan membutuhkan investasi yang signifikan. Mereka pun mempertanyakan apakah manfaat yang diperoleh akan melebihi risiko yang ada.

Baca Juga: Inggris Dominasi Pasar Crypto di Eropa, Transaksi Capai $252 Miliar

Transparansi Biaya dan Kesiapan Infrastruktur

report uji coba cbdc inggris
Sumber: committees.parliament.uk

Laporan dari komite tersebut menekankan pentingnya transparansi dalam pengeluaran yang terkait dengan inisiatif CBDC. Mereka mengusulkan agar Bank of England memisahkan biaya-biaya ini dalam laporan keuangan tahunannya. Hal ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai seberapa besar investasi yang dibutuhkan untuk mata uang digital ini.

Selain itu, Bank of England dan HM Treasury diingatkan untuk tidak mengasumsikan bahwa mata uang digital dapat menyelesaikan masalah yang tidak mungkin diatasi olehnya. Mereka juga harus memastikan bahwa mata uang digital tidak akan memperburuk masalah eksklusi finansial yang sudah ada. Sebelum berkomitmen untuk membangun infrastruktur, diperlukan pekerjaan persiapan yang lebih matang.

Baca Juga: Inggris Bertekad Pimpin Revolusi Metaverse dengan Web3! Apa Rencana Kedepannya?

Menimbang Pengaruh Internasional dan Penggunaan Uang Kertas

Faktor-faktor seperti penurunan penggunaan uang kertas, munculnya bentuk baru uang digital yang dikeluarkan secara privat, dan perkembangan CBDC di tingkat internasional akan mempengaruhi keputusan untuk melanjutkan peluncuran mata uang digital Inggris. Bank of England dan HM Treasury harus mempertimbangkan semua faktor ini dalam fase desain sebelum memutuskan untuk melanjutkan dengan peluncuran.

Pengaruh internasional, khususnya dari negara-negara yang telah lebih dulu meluncurkan CBDC mereka, juga menjadi pertimbangan penting. Inggris tidak ingin tertinggal dalam perlombaan teknologi keuangan global, namun juga tidak ingin terburu-buru tanpa mempertimbangkan semua risiko yang ada.

Dengan berbagai pertimbangan yang masih menggantung, mata uang digital Inggris masih berada di persimpangan. Apakah investasi besar dan risiko yang ada akan terbayar dengan manfaat yang dijanjikan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: