UBS Gandeng Ethereum untuk Uji Coba Dana Pasar Uang Bertokenisasi

author:

UBS Gandeng Ethereum untuk Uji Coba Dana Pasar Uang Bertokenisasi

Bank Swiss terkemuka, UBS, bersama dengan Ethereum, telah meluncurkan tahap awal langsung dari dana pasar uang yang telah ditokenisasi. Langkah besar ini merupakan bagian dari Project Guardian yang dipimpin oleh bank sentral Singapura dan menandai era baru dalam tokenisasi aset keuangan. Simak lebih lanjut, yuk!

UBS dan Ethereum: Kolaborasi Masa Depan Keuangan

UBS Asset Management telah memulai tahap awal atau pilot langsung dari dana pasar uang yang ditokenisasi di blockchain Ethereum. Dengan menggunakan layanan internal mereka, UBS Tokenize, mereka telah menjelajahi aktivitas on-chain seperti langganan dan penebusan.

Baca juga: Bakal Ada Upgrade di Ethereum, Vitalik Buterin Ungkap Kekhawatirannya Terhadap Adopsi DAO!

Thomas Kaegi, kepala UBS Asset Management di Singapura dan Asia Tenggara, menyatakan bahwa inisiatif ini merupakan tonggak penting dalam memahami tokenisasi dana. Melalui inisiatif ini, UBS berkolaborasi dengan lembaga keuangan tradisional dan penyedia fintech untuk meningkatkan likuiditas pasar dan akses pasar bagi klien.

UBS bukanlah pemain baru dalam teknologi blockchain. Mereka telah meluncurkan obligasi digital pertama di dunia dan menerbitkan catatan berfixed-rate yang ditokenisasi senilai $50 juta.

Project Guardian: Inisiatif Besar dari Otoritas Moneter Singapura

Project Guardian adalah inisiatif industri yang dipimpin oleh Otoritas Moneter Singapura (MAS). Dana ini dirancang sebagai perusahaan modal variabel (VCC), sebuah bentuk entitas hukum baru untuk semua jenis dana investasi di Singapura.

Setelah peluncuran transaksi pilot pertama yang sukses, UBS Asset Management berencana untuk melaksanakan lebih banyak kasus penggunaan pilot langsung di bawah Project Guardian, bekerja sama dengan sekumpulan mitra yang lebih luas dan menjelajahi berbagai strategi investasi.

Tokenisasi, yang membantu membawa aset dunia nyata ke on-chain, kini semakin populer. Ini memungkinkan pelacakan, perdagangan, dan manajemen aset ini, serta memiliki potensi untuk mengubah signifikan lanskap aset digital dan sistem keuangan global secara keseluruhan.

Baca juga: Mempeluas Jejak di Asia, Coinbase Dapat Lisensi Pembayaran di Singapura

Tokenisasi: Masa Depan Industri Keuangan

Konsep tokenisasi bukanlah hal baru, namun aplikasinya terus berkembang. Dengan tokenisasi, aset off-chain dapat dipindahkan ke buku besar digital, memberikan dimensi baru dalam pelacakan, perdagangan, dan pengelolaan sumber daya ini.

Pilot ini datang pada saat industri keuangan dunia sedang gempar dengan kemungkinan yang bisa ditawarkan oleh blockchain dan tokenisasi. Meskipun bersifat pilot, eksperimen UBS ini lebih dari sekadar percobaan; ini adalah blue print bagi lembaga keuangan konvensional untuk menggabungkan praktik tradisional mereka dengan potensi teknologi blockchain.

Tokenisasi memiliki potensi untuk mengubah cara kita melihat dan mengelola aset keuangan, memberikan transparansi, keamanan, dan efisiensi yang belum pernah ada sebelumnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: