Ubisoft Membuka Era Baru Gaming dengan NPC Bertenaga AI: Neo NPCs!

Ubisoft Membuka Era Baru Gaming dengan NPC Bertenaga AI: Neo NPCs!

Jakarta, Pintu News – Ubisoft, raksasa industri game, baru-baru ini memperkenalkan proyek terbarunya yang disebut Neo NPCs di Game Developer Conference (GDC), menjanjikan revolusi dalam interaksi pemain dengan karakter non-playable (NPC) dalam video game.

Meskipun masih dalam tahap awal, potensi Neo NPCs untuk menciptakan koneksi yang lebih dalam dengan pemain dan menawarkan strategi gameplay baru serta peluang cerita yang muncul secara alami sudah menarik perhatian. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengenal Neo NPCs

Neo NPCs, yang diperkenalkan oleh Ubisoft, adalah prototipe AI generatif pertama yang ditujukan untuk pemain, yang berpotensi mengubah cara pemain berinteraksi dengan NPC dalam video game. Meskipun Neo NPCs belum siap untuk tampil di panggung utama, demonstrasi di GDC dimaksudkan untuk menunjukkan potensi mereka dalam menciptakan hubungan yang lebih dalam dengan pemain dan menawarkan strategi gameplay baru serta peluang cerita yang muncul secara alami.

Ubisoft menekankan bahwa NPC bertenaga AI ini memiliki kemampuan untuk melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh NPC konvensional—memberikan quest, menyediakan pelatihan, datang sebagai teman—tetapi melakukannya secara dinamis, dengan pemahaman yang komprehensif tentang lingkungan mereka. “Dunia game sebenarnya mendengarkan dan merespons pemain secara dinamis,” kata Xavier Manzanares, direktur proyek dan produser.

Baca Juga: Inilah 7 Game Crypto dan NFT Terbesar di Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Potensi Revolusioner Neo NPCs

potensi neo npc
Sumber: Akun X Ubisoft

Dengan menggunakan teknologi AI generatif, Neo NPCs mampu berbagi ide, mengajukan pertanyaan, dan membantu pemain merencanakan tindakan di masa depan. Ubisoft mengklaim bahwa NPC ini menampilkan “kemampuan kognitif dan interaktif yang belum pernah terjadi sebelumnya,” termasuk emosi, memori, kesadaran situasional, dan pengambilan keputusan.

Ubisoft, studio di balik Assassin’s Creed, Rainbow Six, dan Far Cry, menyatakan bahwa kemajuan ini menggunakan teknologi voice-to-chat. Dengan demikian, NPC dapat berinteraksi dengan pemain dengan cara yang lebih alami dan responsif, meningkatkan imersi dan keterlibatan dalam pengalaman bermain game.

Baca Juga: Gods Unchained Kini Hadir di Epic Games Store, Awal Baru bagi Game Blockchain!

Kolaborasi dengan Nvidia dan Inworld AI

Neo NPCs diciptakan melalui kemitraan dengan pembuat chip Nvidia dan Inworld AI. Ubisoft akan menggunakan teknologi Audio2Face dari Nvidia, bagian dari suite ACE, untuk menciptakan gerakan wajah yang realistis. Selain itu, teknologi Inworld AI memungkinkan penulis Ubisoft untuk mengembangkan latar belakang, pengetahuan, dan dialog yang detail untuk setiap NPC.

Inworld AI, yang berbasis di Silicon Valley, berhasil mengumpulkan $50 juta dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh Lightspeed Venture Partners. Investor strategis termasuk dana M12 Microsoft, First Spark Ventures Eric Schmidt, dan LG Technology Ventures juga berpartisipasi.

Ubisoft menegaskan bahwa NPC bertenaga AI ini memiliki potensi untuk menjadi tambahan revolusioner bagi NPC tradisional yang kita lihat dalam game saat ini. Mereka menawarkan kemampuan untuk menciptakan dunia yang lebih imersif dan cerita yang muncul secara alami, membuka era baru dalam pengembangan game dan interaksi pemain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: