Uang Tunai Takkan Hilang! Gubernur Bank Rusia Bicara Tentang Rubel Digital

Uang Tunai Takkan Hilang! Gubernur Bank Rusia Bicara Tentang Rubel Digital

Di tengah-tengah uji coba Rubel Digital di Rusia, Gubernur Bank Rusia, Elvira Nabiullina, memberikan pandangannya tentang masa depan uang tunai.

Meskipun ada tren meningkatnya pembayaran digital, Nabiullina menegaskan bahwa uang tunai tidak akan menghilang dan Rubel Digital hadir untuk memberikan pilihan pembayaran kepada pengguna.

Pernyataan Elvira Nabiullina Tentang Uang Tunai

Pernyataan Elvira Nabiullina Tentang Uang Tunai
DW

Dalam konferensi pers pada 15 September, setelah pertemuan dengan dewan direksi bank, Nabiullina menjelaskan bahwa Bank Rusia tidak memiliki niat untuk menghilangkan uang tunai meskipun sedang melakukan uji coba dengan Rubel Digital.

“Posisi fundamental kami adalah bahwa orang harus dapat memilih bagaimana melakukan pembayaran. Kami menyajikan pilihan,” kata Nabiullina.

Baca Juga: Hemat Banyak! Crypto Bisa Hilangkan 97% Biaya Pengiriman Uang Lintas Batas Tradisional

Ia menambahkan bahwa uang tunai akan terus menjadi salah satu alat untuk melakukan pembayaran dan masih ada permintaan yang besar untuk itu. Bahkan, Bank Rusia sedang mengembangkan desain baru untuk uang kertas.

Rubel Digital Sebagai Alat Pembayaran

Bank Rusia menjelaskan bahwa Rubel Digital tidak diusulkan sebagai pengganti untuk rekening bank atau deposito.

Untuk menghindari persaingan langsung, bank telah menetapkan batas jumlah Rubel Digital yang dapat disimpan oleh pengguna.

Dana yang disimpan dalam akun Rubel Digital tidak akan mengumpulkan bunga. Namun, bank berharap Rubel Digital dapat digunakan untuk pembayaran lokal maupun lintas batas.

Rubel Digital akan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QR untuk pembayaran lokal.

Pembayaran offline juga akan tersedia, dengan pengguna dapat mentransfer sebagian dana mereka ke dompet terpisah.

Proyeksi Masa Depan Rubel Digital

Bank Rusia berencana untuk menguji pembayaran offline sebagai bagian dari tahap kedua uji coba Rubel Digital, yang diperkirakan akan dilakukan pada tahun 2024.

Nabiullina sebelumnya telah menyatakan bahwa ia mengharapkan adopsi Rubel Digital secara mainstream akan terjadi pada tahun 2025.

Baca Juga: Sempat Batasi Penarikan Uang, Nigeria Kini Larang Penuh Penarikan Uang Tunai! Crypto Solusinya?

Dengan adanya Rubel Digital, diharapkan akan ada peningkatan efisiensi dalam sistem pembayaran, namun tetap memberikan pilihan kepada masyarakat untuk menggunakan uang tunai.

Paragraf Penutup

Meskipun teknologi pembayaran terus berkembang, keberadaan uang tunai masih relevan dan penting bagi banyak orang.

Dengan pendekatan yang diambil oleh Bank Rusia, masyarakat diberikan fleksibilitas dalam memilih metode pembayaran yang mereka inginkan, baik itu uang tunai atau digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: