TVL Starknet Capai Rekor Baru, Melesat 10x Lipat dalam Hitungan Bulan!

TVL Starknet Capai Rekor Baru, Melesat 10x Lipat dalam Hitungan Bulan!

Starknet, kerangka kerja open-source yang bertujuan meningkatkan skalabilitas dan privasi pada aplikasi terdesentralisasi (dApps) yang dibangun di Ethereum, telah mengalami pertumbuhan dramatis dalam berbagai aplikasi DeFi di jaringan dalam beberapa bulan terakhir dengan Total Value Locked (TVL) yang baru-baru ini mencapai rekor tertinggi baru. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Peningkatan Nilai Total Tertahan (TVL) Starknet

tvl starknet mei 2023
TVL Starknet Mei 2023. Sumber: DefilLama

Pada 19 Mei 2023, TVL Starknet mencapai $10,49 juta, peningkatan yang sangat signifikan dari $1,44 juta pada awal Maret, menurut DefiLlama.

TVL adalah metrik yang umum digunakan dalam keuangan terdesentralisasi (DeFi) untuk mengukur total nilai aset yang tertahan atau disimpan dalam protokol, platform, atau kontrak pintar tertentu. Metrik ini dapat berfungsi sebagai indikator aktivitas dan popularitas suatu proyek secara keseluruhan.

Baca Juga: MakerDAO Luncurkan Spark Protocol, Revolusi Pinjaman DeFi untuk Pengguna DAI!

Kemampuan Unik Starknet dalam Mengatasi Limitasi Ethereum

starknet
Sumber: DefilLama

Starknet, yang dikembangkan oleh perusahaan berbasis di Israel, StarkWare, dirancang untuk mengatasi keterbatasan blockchain Ethereum, seperti biaya transaksi yang tinggi dan waktu pemrosesan transaksi yang lambat.

Caranya adalah dengan mengaktifkan komputasi dan penyimpanan data off-chain, sambil tetap memanfaatkan jaminan keamanan blockchain. Dengan kata lain, Starknet memberikan solusi untuk memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan efisien, tanpa mengorbankan fitur keamanan yang merupakan ciri khas blockchain.

Untuk mencapai ini, Starknet memanfaatkan teknik scaling layer-2 yang dikenal sebagai rollups zero-knowledge, yang membundel ratusan ribu transaksi bersama-sama off-chain dan kemudian memverifikasinya on-chain dengan hanya sebagian kecil dari biaya. Dengan melakukan ini, Starknet dapat meningkatkan jumlah transaksi yang dapat diproses oleh jaringan Ethereum, sekaligus mengurangi biaya transaksi.

Baca Juga: Jadwal Halving Litecoin Semakin Dekat! Mampukah LTC Tembus Rp1,4 Juta?

Pemain Utama dan Tren Masa Depan Starknet

JediSwap, protokol AMM yang sepenuhnya permisionless, bertanggung jawab atas lebih dari 57% (lebih dari $6 juta) dominasi TVL Starknet.

JediSwap memungkinkan pengguna untuk melakukan swap, mendapatkan pendapatan, dan membangun secara instan pada protokol yang didorong oleh komunitas.

Pemain lain di pasar layer-2, seperti Arbitrum dan Optimism, masing-masing memiliki TVL sebesar $2,4 miliar dan $884 juta.

Dalam hal driver popularitas Starknet yang semakin meningkat, presiden dan pendiri StarkWare, Eli Ben-Sasson, menggarisbawahi Cairo, bahasa pemrograman yang terinspirasi Rust, yang dianggap sebagai bahasa smart contract yang paling modern dan terbaik yang sedang dicari oleh pengembang.

Secara keseluruhan, pertumbuhan dramatis Starknet menunjukkan potensi besar dari teknologi layer-2 dalam mendukung skalabilitas dan privasi aplikasi desentralisasi. Meskipun tantangan masih ada, terutama dalam hal adopsi dan kompatibilitas, eksperimen seperti Starknet membuktikan bahwa solusi inovatif dapat membantu memperluas jangkauan dan fungsionalitas jaringan blockchain seperti Ethereum. Dengan peluncuran versi 0.12 yang akan datang, kita dapat berharap melihat peningkatan lebih lanjut dalam throughput jaringan dan pertumbuhan nilai yang terkunci di Starknet.

Referensi: