Protokol Tokenisasi Aset Dunia Nyata (RWA) Melonjak, Lampaui $8 Miliar dalam TVL!

author:

Protokol Tokenisasi Aset Dunia Nyata (RWA) Melonjak, Lampaui $8 Miliar dalam TVL!

Jakarta, Pintu News – Dunia aset dunia nyata (RWA) telah mengalami pertumbuhan luar biasa selama setahun terakhir, dengan total nilai terkunci (TVL) di sektor ini mencapai tonggak sejarah baru.

Menurut perusahaan analitik dan riset blockchain Messari, TVL untuk protokol RWA melonjak hingga hampir $8 miliar pada akhir April 2024.

TVL Real World Assets (RWA) Melonjak ke Hampir $8 Miliar

Sumber: X

Dalam sebuah posting pada tanggal 1 Mei di X, perusahaan analitik dan riset blockchain Messari menulis bahwa TVL untuk protokol aset dunia nyata (RWA) telah melonjak menjadi hampir $8 miliar pada tanggal 26 April.

Baca juga: 5 Real World Assets Crypto Terbaik Berdasarkan Market Cap!

Perusahaan analitik tersebut berbagi bahwa protokol RWA telah menyaksikan “kebangkitan yang luar biasa,” selama setahun terakhir, menambahkan bahwa pertumbuhan sektor ini didorong oleh “preferensi pasar untuk investasi berbasis utang dan imbal hasil tinggi.”

Angka TVL $ 8 miliar tidak termasuk stablecoin yang didukung fiat seperti USDT dan USDC dan termasuk protokol carry trade, penjaminan emisi, stablecoin dengan imbal hasil, komoditas, sekuritas, dan protokol tokenisasi real estate.

Sejak Februari, TVL dalam protokol RWA telah melonjak hampir 60%.

Jumlah Pengguna Aktif Protokol RWA

Platform analisis keuangan terdesentralisasi DeFiLlama memberikan angka yang sedikit lebih rendah, yaitu $6 miliar dalam TVL gabungan untuk protokol RWA. Ini juga menunjukkan pertumbuhan monumental sekitar 700% dalam TVL protokol sejak awal 2023.

Khususnya, total nilai yang dikunci bukanlah satu-satunya metrik yang mengalami pertumbuhan yang mengesankan tahun ini.

Jumlah pengguna aktif pada protokol RWA juga melonjak sejak Februari – menunjukkan peningkatan popularitas sektor ini di kalangan pengguna ritel yang lebih kecil, menurut data Dune Analytics.

Sumber: Dune Analytics

Protokol seperti platform pasar karbon digital Toucan dan KlimaDAO, serta protokol tokenisasi real estate Propy telah mengalami pertumbuhan terbesar dalam hal pengguna aktif.

Baca juga: BlackRock Bantah Kaitan Komersial dengan Hedera Hashgraph, Harga HBAR Anjlok 32%

Pertumbuhan Treasury yang Ditokenisasi

Selain itu, treasury yang ditokenisasi juga mengalami pertumbuhan yang sangat besar karena imbal hasil yang tetap tinggi di tengah inflasi dan suku bunga yang tinggi di Amerika Serikat.

Saat ini ada rekor $1,29 miliar yang terkunci dalam treasury dan obligasi AS yang ditokenisasi, menurut RWA.xyz. Angka ini telah melonjak hingga 80% sejak awal tahun 2024, terutama didorong oleh protokol seperti Securitize dan Ondo.

Kinerja BlackRock’s Institutional Digital Liquidity Fund (BUIDL) berbasis Ethereum baru-baru ini – yang baru saja menjadi dana perbendaharaan bertoken terbesar di dunia – dan Franklin OnChain U.S. Government Money Fund (FOBXX) telah memberikan kontribusi besar pada pertumbuhan sudut pasar RWA ini.

Secara keseluruhan, didorong oleh preferensi pasar untuk investasi berbasis utang dengan hasil tinggi, RWA telah mengalami kebangkitan kembali yang luar biasa selama setahun terakhir.

TVL dalam protokol RWA telah melonjak hampir 60% sejak Februari, menunjukkan laju pertumbuhan yang cepat dalam sektor ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Coin Central