Gara-gara Hal Ini, TVL Pasar DeFi Turun Lebih dari $3 Miliar!

author:

Gara-gara Hal Ini, TVL Pasar DeFi Turun Lebih dari $3 Miliar!

Dalam tiga hari terakhir, sektor DeFi telah mengalami penurunan 8% dalam total nilai aset terkunci (TVL), turun menjadi $40.31 miliar, menurut data DeFiLlama. Penurunan ini terjadi setelah serangan terhadap beberapa pool Curve (CRV) pada 31 Juli 2023, yang memicu penarikan aset oleh investor crypto lebih dari $3 miliar di berbagai protokol.

Curve dan Convex Mendominasi Kerugian Sektor DeFi

Dilansir dari Cryptoslate (2/8/23), pada 30 Juli 2023, DeFi memproyeksikan TVL mencapai $ 43.81 miliar tetapi mengalami penurunan tajam setelah pemain jahat menyerang beberapa Curve (CRV) pada 31 Juli 2023.

Setelah serangan tersebut, investor crypto mulai menarik aset mereka, dengan total lebih dari $3 miliar, di berbagai protokol karena kekhawatiran penularan muncul. Dua protokol DeFi, Curve Finance dan Convex Finance, berkontribusi sekitar dua pertiga dari penurunan tersebut, dengan TVL mereka masing-masing turun lebih dari $1 miliar dalam tiga hari terakhir.

Baca juga: Prediksi Harga Curve Finance (CRV) 2023: Makin Banyak Kemitraan dan Berpotensi Melonjak 3.000%?

Curve dan Convex, dua protokol DeFi paling terkemuka di pasar crypto, memiliki hubungan yang signifikan, mengingat Convex memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan likuiditas dan menghasilkan pendapatan dari kolam stablecoin Curve.

Lebih lanjut, penurunan ini tidak terbatas pada dua protokol ini saja, karena protokol lain, termasuk UniSwap (UNI), Aave (AAVE), dan lainnya, juga mengalami kerugian setelah insiden serangan terhadap Curve.

Penarikan Likuiditas dan Risiko Penularan

Penurunan TVL juga dapat diatribusikan kepada pemberi pinjaman yang menarik likuiditas mereka dari platform DeFi seiring penyebaran ketidakpastian di industri ini.

Sebagai respons langsung untuk “mengurangi risiko penularan,” Auxo DAO, sebuah dana yield farming desentralisasi, mengumumkan bahwa mereka telah “secara cepat menghapus” semua posisi mereka di Curve dan Convex.

Pendiri Curve Finance, Michael Egorov, memiliki sekitar $100 juta dalam pinjaman di berbagai platform DeFi yang didukung oleh 427,5 juta CRV (47% dari total pasokan CRV), memicu kekhawatiran tentang utang macet jika harga CRV turun di bawah ambang tertentu.

Baca juga: Justin Sun dari Tron Bantu Curve Finance dari Krisis Utang dengan Membeli 5 Juta CRV!

Penjualan CRV dan Dampaknya pada Ekosistem DeFi

Menurut laporan, Egorov telah menjual CRV kepada investor dan institusi melalui penawaran over-the-counter (OTC) untuk melunasi utang dan mencegah likuidasi.

serangan hacker curve
Sumber: Twitter

Menurut analis DeFi LookOnChain, Egorov telah menjual 39,25 juta CRV dengan harga diskon $0,40 per token, menerima $15,8 juta USDT sebagai hasilnya. Penjualan tersebut dilakukan sebagai bagian dari kesepakatan OTC dengan investor seperti pendiri Tron, Justin Sun, dan pembuat pasar DWF Labs.

Pada akhirnya, serangan terhadap Curve Finance dan penurunan nilai total terkunci di berbagai protokol DeFi telah menimbulkan kekhawatiran tentang stabilitas dan keamanan ekosistem DeFi. Meskipun penjualan CRV oleh Egorov mungkin membantu mencegah likuidasi besar-besaran, insiden ini menunjukkan betapa rentannya sektor DeFi terhadap serangan dan manipulasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: