TVL Fantom (FTM) Merosot, Begini Kata Andre Cronje!

author:

TVL Fantom (FTM) Merosot, Begini Kata Andre Cronje!

Andre Cronje, salah satu pendiri Fantom (FTM), menggambarkan keadaan platform smart contract Fantom setelah keruntuhan kontroversial Multichain. Dia menyebut keruntuhan Multichain sebagai “hambatan besar” bagi Fantom, yang baru-baru ini mengalami penurunan aktivitas yang signifikan akibat masalah Multichain.

Penurunan Drastis Nilai Terkunci Total Fantom

tvl fantom
TVL Fantom antara Mei dan Juli 202 – Sumber: DefiLlama.

Data dari DefiLlama baru-baru ini menunjukkan penurunan drastis dalam nilai total terkunci (TVL) Fantom. TVL telah jatuh dari $364 juta pada awal Mei 2023 menjadi hanya $70 juta pada 14 Juli 2023.

Untuk memberikan konteks, pada puncak kinerjanya pada tahun 2022, TVL Fantom mencapai $7,5 miliar. Demikian pula, nilai token asli Fantom (FTM) juga mengalami penurunan, dari $0,41 menjadi $0,28 selama periode yang sama.

Baca juga: Fantom (FTM) Luncurkan Program Monetisasi Gas, Berikan Insentif 15% kepada Developer!

Keruntuhan Multichain dan Dampaknya pada Fantom

Komentar Cronje muncul setelah pengumuman Multichain pada 14 Juli 2023 tentang penutupan operasionalnya. Keputusan mengejutkan ini mengikuti penangkapan CEO-nya pada Mei 2023, yang memiliki kontrol tunggal atas server Multichain.

Kekosongan kepemimpinan Multichain dan tantangan teknis yang meningkat berpuncak pada eksploitasi parah pada 6 Juli 2023. Lebih dari $125 juta dalam bentuk crypto ditarik dari beberapa dompet, mempengaruhi sisi Ethereum dari Fantom, serta jembatan Moonriver dan Dogechain.

Langkah-langkah Fantom: Dalam Perjalanan Menuju Pemulihan

Sebagai langkah reaktif, penerbit stablecoin Circle dan Tether membekukan lebih dari $65 juta dalam aset yang terkait dengan serangan tersebut. Fantom diketahui sedang berdiskusi dengan kedua organisasi tersebut untuk penerbitan asli dan mempertimbangkan rollups untuk infrastruktur jembatan asli.

Baca juga: Prediksi Harga Fantom (FTM) 2023, 2025, 2030: FTM Siap Tembus Rp65 Ribu dan Buat ATH Baru?

Andre Cronje menyampaikan upaya tim yang tak kenal lelah untuk mengatasi situasi tersebut, dengan mengatakan,

“Kami sedang menjelajahi semua opsi pada titik ini, bekerja sama dengan organisasi yang relevan untuk mencoba dan memulihkan aset.”

Pada akhirnya, situasi ini mencerminkan volatilitas lanskap crypto dan menyoroti kebutuhan mendesak untuk peningkatan langkah-langkah keamanan. Upaya berkelanjutan untuk memulihkan nilai terkunci Fantom dan membangun kembali kepercayaan dalam ekosistemnya mewakili perjuangan yang akrab bagi banyak orang dalam dunia teknologi blockchain.

Namun, dengan ketahanan yang ditunjukkan oleh Andre Cronje dan timnya, jelas mereka berkomitmen untuk mengatasi rintangan ini, menunjukkan keteguhan yang sering terlihat dalam industri dinamis ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: