TVL EigenLayer Melonjak Signifikan Melebihi $3 Miliar, Ada Apa?

author:

TVL EigenLayer Melonjak Signifikan Melebihi $3 Miliar, Ada Apa?

Protokol restaking berbasis Ethereum, EigenLayer, baru-baru ini mencatat lonjakan signifikan dalam Total Value Locked (TVL) mereka, melebihi $3 miliar, setelah pengumuman penghapusan batasan staking sementara.

Langkah strategis ini menarik perhatian investor dan memicu diskusi hangat di kalangan komunitas crypto.

Penghapusan Batasan Staking

Sumber: X

Baca juga: EigenLayer Rencanakan Model ‘Keamanan Bersama’ untuk dApps

Pada 6 Februari 2024, EigenLayer mengumumkan penghapusan sementara batasan staking sebesar 200.000 Ether (ETH) per protokol hingga 9 Februari 2024, dengan tujuan untuk “mengundang permintaan organik” ke jaringan.

Keputusan ini diambil sebagai langkah persiapan menuju masa depan di mana semua batasan staking akan dihapus secara permanen, membuka peluang lebih luas bagi investor untuk berpartisipasi dalam ekosistem EigenLayer.

Lonjakan TVL EigenLayer Sentuh $3,58 Miliar

tvl eigenlayer
TVL di EigenLayer telah berkembang dari $248 juta pada bulan Desember menjadi $3,58 miliar pada 5 Februari 2024 – Sumber: DefiLlama

Dalam waktu delapan jam setelah pengumuman, TVL EigenLayer melonjak dari sekitar $2,5 miliar menjadi $3,58 miliar, menandai pertumbuhan yang luar biasa.

Investor memanfaatkan kesempatan ini untuk memindahkan token ETH yang telah di-stake ke dalam protokol, menunjukkan kepercayaan yang tinggi terhadap potensi EigenLayer dalam ekosistem crypto.

Baca juga: EigenLayer Pecahkan Rekor dengan Deposit Mencapai $900 Juta!

Dukungan untuk Token Staking Likuid

EigenLayer mendukung token staking likuid (LST) populer seperti stETH dari Lido DAO dan RETH dari Rocket Pool, memungkinkan investor untuk mendapatkan imbal hasil tambahan pada token ETH yang telah di-stake.

Dengan mengizinkan restaking token ini untuk mengamankan jaringan lain, EigenLayer menawarkan kasus penggunaan baru untuk token ETH yang di-stake, sekaligus meningkatkan adopsi staking ETH.

Langkah EigenLayer untuk menghapus batasan staking sementara dan lonjakan TVL yang dihasilkan menunjukkan dinamika pasar crypto yang cepat dan responsif.

Dengan meningkatnya minat terhadap restaking dan potensi risiko sistemik yang terkait, komunitas crypto dihadapkan pada peluang dan tantangan baru dalam navigasi ekosistem yang terus berkembang ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: