TVL DeFi Tembus $100 Miliar: Ledakan Bitcoin Picu Gelombang Optimisme!

author:

TVL DeFi Tembus $100 Miliar: Ledakan Bitcoin Picu Gelombang Optimisme!

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan dunia crypto, Total Value Locked (TVL) di ekosistem DeFi telah menembus angka $100 miliar untuk pertama kalinya dalam hampir dua tahun.

Peningkatan ini menandai comeback signifikan bagi sektor DeFi, meskipun masih di bawah rekor tertinggi sebesar $189 miliar yang dicapai pada November 2021.

Mari kita jelajahi faktor-faktor yang memicu ledakan ini dan dampaknya terhadap ekosistem crypto secara keseluruhan.

Ledakan Bitcoin Membawa Angin Segar

Nilai total DeFi dikunci pada 9 Maret 2024. Sumber: DefiLlama

Menurut data dari DefiLlama, total nilai terkunci (TVL) global dalam protokol keuangan terdesentralisasi (DeFi) mencapai $ 100,1 miliar, dengan volume lebih dari $ 10 miliar dalam 24 jam terakhir (9/3/24).

Baca juga: Ekosistem Layer 2 Ethereum Lampaui $37 Miliar, Jauh Tinggalkan Kompetitor!

Beberapa faktor telah menyebabkan kebangkitan sektor DeFi, termasuk pengenalan ETF Bitcoin spot pada Januari telah secara signifikan mendorong optimisme pasar.

ETF ini baru-baru ini menikmati permintaan institusional, dan Bitcoin telah mencapai rekor tertinggi baru, menembus angka $70.000 pada 8 Maret 2024.

ETF Bitcoin menyaksikan aset melonjak menjadi $28 miliar, menunjukkan peningkatan selera dari investor institusional.

Faktor-Faktor yang Mendorong Lonjakan TVL DeFi

regulasi defi iosco
Sumber: Decrypt

Peningkatan TVL DeFi ini tidak hanya didorong oleh minat yang meningkat terhadap Bitcoin (BTC), namun juga optimisme umum di pasar crypto.

Menurut laporan CoinGape (10/3/24), protokol staking likuid Lido memimpin dengan $38,7 miliar terkunci on-chain, diikuti oleh ekosistem staking EigenLayer dan protokol Aave dengan lebih dari $11 miliar terkunci, masing-masing.

Selain itu, ekosistem Ethereum juga mencapai tonggak penting lainnya, dengan jumlah Ethereum yang distake untuk pertama kalinya melebihi 31 juta ETH.

Baca juga: Heboh! Kepemilikan Bitcoin BlackRock Kalahkan MicroStrategy

Dampak pada Ekosistem Crypto

Pemulihan TVL sektor DeFi mencerminkan kebangkitan umum pasar cryptocurrency. Ledakan memecoin, yang terinspirasi oleh kenaikan Bitcoin, menunjukkan sifat spekulatif dan perubahan sentimen investor yang cepat terhadap industri crypto.

Meskipun pencapaian terbaru ini, sektor DeFi masih menghadapi tantangan untuk melampaui rekor sebelumnya sebesar $189 miliar dalam TVL dari November 2021.

Namun, momentum tampaknya berada pada lintasan naik dengan protokol DeFi terus berinovasi dan memperluas penawaran mereka untuk menarik lebih banyak pengguna dan modal.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: