TVL Cardano (ADA) Naik 150% Setelah Lonjakan DeFi. Kok Bisa?

author:

TVL Cardano (ADA) Naik 150% Setelah Lonjakan DeFi. Kok Bisa?

Setelah meluncurkan stablecoin ‘Djed’ dan banyak dipilih oleh investor jangka panjang, baru-baru ini, jaringan Cardano (ADA) diketahui telah mengalami lonjakan yang signifikan dalam total value locked (TVL) atau total nilai terkunci, menurut laporan U Today (20/3/23).

Apa itu total locked value?

Mengutip dari CoinMarketCap, TVL adalah indikator yang membantu mengukur nilai suatu protokol DeFi saat ini dan potensinya di masa depan. TVL menunjukkan jumlah aset yang dipertaruhkan dalam suatu protokol, semakin tinggi TVL, maka semakin banyak orang yang mempercayai dan menggunakan protokol tersebut.

Lalu, seberapa banyak TVL jaringan Cardano naik dan apa alasannya? Simak selengkapnya di bawah ini.

TVL Cardano Naik 150%

Dilansir dari U Today (20/3/23), total value locked (TVL) Cardano tercatat naik 150% sejak mencapai titik terendah lokalnya. Pertumbuhan yang mengesankan ini dipercaya terkait erat dengan minat baru komunitas kepada keuangan terdesentralisasi (DeFi), karena investor terlihat berbondong-bondong kembali ke yield farming dan bursa terdesentralisasi (DEX) mendapatkan popularitasnya kembali.

Sumber: DeFiLlama

Sementara itu, BeinCrypto (18/3/23) melaporkan bahwa sejak Februari 2023, TVL Cardano terus meningkat. Salah satu faktor yang berkontribusi atas peningkatan ini adalah pengenalan proyek DeFi baru di platform, yang memikat investor dengan janji imbal hasil yang tinggi.

Selain itu, dibandingkan dengan Ethereum, biaya gas Cardano diketahui lebih rendah sehingga menjadikannya alternatif yang menarik.

Selanjutnya, mekanisme konsensus bukti kepemilikan Cardano terlihat unik. Dengan memberi penghargaan kepada pemegang jangka panjang, hal ini dapat mendorong pengguna untuk mengunci aset mereka di platform DeFi. Beberapa alasan inilah yang mendorong pertumbuhan TVL di Cardano.

Baca juga: Bank Sentral akan Dorong Harga BTC Jadi $1 Juta atau Rp15,3 Miliar! Waktunya Beli BTC?

Kepopuleran DeFi Meningkat

Masa Depan DeFi Menurut Founder Aave
Sumber: The Economic Times

Mengutip U Today, DeFi telah berkembang pesat akhir-akhir ini, dengan banyaknya investor yang mencari peluang untuk memaksimalkan keuntungan mereka di ruang keuangan terdesentralisasi.

Yield farming secara khusus telah menjadi pendorong utama di balik kebangkitan ini, karena hal ini memungkinkan pengguna memperoleh pendapatan pasif dengan menyediakan likuiditas ke berbagai platform DeFi. Selain itu, DEX juga telah menyaksikan peningkatan tajam dalam volume perdagangan, yang semakin mewakilkan antusiasme yang meningkat terhadap DeFi.

Meskipun tidak menjadi pilihan utama bagi para penggemar DeFi, Cardano (ADA) menawarkan berbagai solusi keuangan terdesentralisasi yang telah berkontribusi pada lonjakan TVL-nya.

Fokus jaringan pada skalabilitas, interoperabilitas, dan keberlanjutan telah menjadikannya alternatif yang menarik bagi platform DeFi lainnya. Menurut laporan, pertumbuhan TVL Cardano (ADA) menunjukkan potensi jaringan untuk menjadi pemain penting dalam ekosistem DeFi.


Referensi: