TUSD Lepas dari Ikatan Dolar, Apa yang Terjadi dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Crypto?

TUSD Lepas dari Ikatan Dolar, Apa yang Terjadi dan Pengaruhnya Terhadap Pasar Crypto?

Dalam dunia crypto yang penuh gejolak, mata uang stabil atau stablecoin seringkali menjadi pelabuhan aman bagi para investor. Namun, kejadian langka baru-baru ini menimpa TrueUSD (TUSD), salah satu stablecoin terkemuka, yang tergelincir dari nilai tukar tetapnya sebesar $1.

Pada tanggal 15 Januari 2024, TUSD tercatat mengalami penurunan nilai hingga $0,979, menimbulkan kekhawatiran stabilitas di tengah dominasi Binance di pasar crypto.

Keraguan Stabilitas TUSD

TUSD, yang seharusnya menjadi simbol kestabilan, tiba-tiba terperosok di bawah nilai tukarnya. Penurunan ini terjadi di tengah volatilitas pasar yang tinggi, mengejutkan banyak pelaku pasar yang mengandalkan keandalan stablecoin. Pada hari berikutnya, TUSD sempat memperlihatkan tanda-tanda pemulihan, dengan nilai yang kembali naik melewati $0,99.

Baca Juga: OKX Mendobrak Pasar Timur Tengah dengan Lisensi Crypto Eksklusif di Dubai!

Dalam 24 jam terakhir, volume perdagangan global TUSD mencapai angka signifikan, yaitu $425 juta. Angka ini mencerminkan reaksi pasar terhadap pergerakan harga TUSD yang tidak biasa, di mana para trader berusaha menyesuaikan posisi mereka sesuai dengan fluktuasi yang terjadi.

Pasar Crypto di Bawah Bayang-Bayang Binance

whale binance kumpulkan bnb
Sumber: Tech Times

Dominasi Binance dalam pasar crypto menjadi salah satu faktor yang tidak bisa diabaikan dalam dinamika harga TUSD. Sebagai salah satu bursa crypto terbesar, keputusan dan kebijakan yang diambil oleh Binance seringkali memiliki dampak yang signifikan terhadap pasar, termasuk pada stablecoin seperti TUSD.

Pengamat pasar crypto memperhatikan dengan seksama bagaimana Binance dan pemain besar lainnya bergerak, yang bisa menjadi indikator penting bagi masa depan TUSD. Apakah TUSD akan kembali stabil atau terus mengalami turbulensi, banyak yang bergantung pada dinamika pasar yang terus berubah.

Reaksi Pasar dan Masa Depan TUSD

Reaksi pasar terhadap pergerakan TUSD ini menjadi topik hangat di kalangan investor dan analis. Beberapa menganggap ini sebagai kesempatan untuk membeli TUSD dengan harga yang lebih rendah, sementara yang lainnya mempertanyakan masa depan stablecoin ini.

Pasar crypto Jepang, yang dikenal dengan regulasinya yang ketat, juga ikut merespon dengan kehati-hatian. Investor crypto dan trader di sana memantau situasi ini dengan cermat, mengingat Jepang merupakan salah satu pasar crypto yang signifikan. Ke depannya, stabilitas TUSD akan terus diuji, dan hanya waktu yang akan menentukan apakah ia dapat mempertahankan posisinya sebagai stablecoin yang terpercaya.

Paragraf Penutup

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi kamu bahwa dalam dunia crypto, tidak ada yang sepenuhnya pasti. Stablecoin seperti TUSD, yang dirancang untuk menjadi andalan kestabilan, pun bisa mengalami goncangan. Bagi kamu yang terlibat dalam pasar crypto, kejadian ini menegaskan pentingnya kehati-hatian dan pemahaman yang mendalam tentang risiko yang ada.

Baca Juga: HashKey Group Jadi Unicorn Baru di Dunia Crypto Setelah Raih $100 Juta! Crypto Makin Terdepan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi