Makin Teregulasi, Turki Siapkan Kerangka Hukum Crypto di 2024!

Makin Teregulasi, Turki Siapkan Kerangka Hukum Crypto di 2024!

Turki berencana untuk merumuskan kerangka hukum crypto pada tahun 2024. Program Tahunan Presiden Turki 2024, yang diterbitkan pada 25 Oktober 2023 di Lembaran Resmi Republik Turki, bertujuan untuk menyelesaikan regulasi crypto di negara tersebut dalam tahun kalender 2024. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Definisi Hukum Aset dan Penyedia Crypto

hukum aset dan penyedia crypto turki
Sumber: Reuters

Pasal 400.5 dari dokumen hampir 500 halaman ini mengungkapkan studi yang direncanakan untuk mendefinisikan aset crypto, yang mungkin dikenakan pajak dengan tepat setelahnya. Penyedia aset crypto, seperti bursa crypto, juga akan diberikan definisi hukum. Namun, dokumen tersebut tidak mengandung detail lainnya tentang regulasi masa depan.

Pada September 2023, mantan CEO bursa crypto Turki Thodex, Faruk Fatih Özer, dijatuhi hukuman penjara 11.196 tahun oleh pengadilan Turki. Thodex, yang merupakan salah satu platform perdagangan terbesar di negara itu, tiba-tiba runtuh pada 2021.

Baca Juga: Dermawan! Vitalik Buterin Donasi Rp3,4 Miliar untuk Bantu Korban Gempa di Turki

Peningkatan Penggunaan Crypto di Turki

Menurut studi 2022, Turki adalah negara kedua di dunia dalam hal permintaan pencarian terkait crypto, dengan 5,5% populasi melakukan pencarian tersebut. Negara ini melihat peningkatan penggunaan crypto sebelas kali lipat pada 2021 di tengah krisis inflasi mata uang fiat lokal, lira Turki.

Pada Desember 2022, Bank Sentral Republik Turki menyelesaikan uji coba pertama mata uang digital bank sentralnya, lira digital, dan telah memberikan sinyal rencana untuk melanjutkan pengujian sepanjang 2024.

Baca Juga: Adopsi Crypto di Turki Meningkat Jadi 52%, Bitcoin Mendominasi di Tengah Inflasi Tinggi!

Proyek Lira Digital

Meskipun pemerintah belum membuat komitmen terhadap digitalisasi akhir mata uang negara tersebut, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan berulang kali mendukung proyek lira digital. Ini menunjukkan bahwa Turki serius dalam memasuki era digital dan memanfaatkan teknologi crypto untuk memperkuat ekonominya.

Dengan rencana Turki untuk merumuskan kerangka hukum crypto pada tahun 2024, ini menunjukkan bahwa negara tersebut serius dalam memanfaatkan teknologi crypto. Ini juga menunjukkan bahwa Turki berusaha untuk memastikan bahwa penggunaan crypto di negara tersebut diatur dengan baik untuk melindungi konsumen dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: